KOTA KENDARI

Lanal Kendari Buka Pendaftaran Gelombang II Bintara dan Tamtama

KOLAKAPOS, Kendari–Pangkalan TNI Angkatan Laut (Lanal) Kendari kembali membuka pendaftaran dan seleksi penerimaan calon Bintara dan Tamtama. Pendaftaran ini dibuka sejak 3 Juli sampai 3 Agustus 2018.

Ketua Administrasi Panitia Daerah Kendari, Kapten Laut (T) Tri Prayitno mengatakan pendaftar calon Bintara dan Tamtama gelombang ke II 2018 ini nantinya akan melakukan tes di dua tempat berbeda, yakni di Lanal Kendari dan di Lanal pusat, Kota Malang.

Kapten Laut (T) Tri Prayitno menjelaskan, ketika mendaftar calon Bintara dan Tamtama harus memenuhi beberapa persyaratan administarasi. Yakni berkewarganegaraan Indonesia (WNI), beriman dan bertaqwa kepada Tuhan Yang Maha Esa, setia kepada NKRI yang berdasarkan Pancasila dan UUD 1945. Selain itu harus tidak memiliki catatan kriminal yang dikeluarkan secara tertulis oleh Kepolisian. “Semua harus terpenuhi, jika sebaliknya maka akan gugur dengan sendirinya,” paparnya, Rabu (11/7).

Selain itu Tri Prayitno menuturkan, saat dilantik menjadi prajurit nanti peserta harus berusia paling rendah 18 tahun, sehat jasmani dan rohani serta tidak bertato atau bekas dan tidak bertindik. Kemudian, tidak buta warna dan tidak ketergantungan dengan kaca mata atau memakai softlensa. “Calon prajurit pria hatus memiliki tinggi badan sekurang-kurangnya 163 cm dan calon prajurit wanita 157 cm, usia tidak lebih dari 22 tahun dan sekurang-kurangnya 17 tahun sembilan bulan terhitung 22 Oktober 2018 nanti,” urainya.

Sementara itu, lanjut Tri Prayitno, calon Bintara berijasah minimal SMA/MA/SMK dengan nilai akhir rata-rata 5,5. Sedangkan calon Tamtama berijazah minimal SMP juga harus memiliki nilai ijazah minimal rata-rata 5,5. Calon belum pernah menikah dan sanggup tidak menikah selama dalam pendidikan, bersedia menjalani ikatan dinas pertama (IDP) selama 10 tahun terhitung sejak dilantik. Tidak tercatat sebagai prajurit TNI, anggota Polri maupun PNS. Memiliki catatan bebas narkoba, bersedia ditempatkan dan ditugaskan di seluruh NKRI.

“Adapun cara mendaftarkan diri, calon siswa (Casis) mendaftar secara online terlebih dahulu dengan alamat Website al.rekrutmen-tni.mil.id, mengisi formulir yang tertera dan dicetak. Kemudian calon mendaftar ulang secara fisik ketempat pendaftaran di Mako Lanal Kendari, Jln R.E. Martadinata No 01, Kel. Kessilampe dengan menunjukan cetakan formulir pendaftaran online,” paparnya.

Setelah itu casis membawa dokumen asli, seperti akte kelahiran, KTP calon, KTP Orang Tua/Wali, Kartu Keluarga (KK), BPJS, Ijazah dan SKHUN SD, SLTP, SLTA atau sederajat dengan masing masing fotocopy satu lembar, pas poto hitam putih terbaru ukuran 4×6 cm dua lembar dan ukuran 3×4 cm satu lembar serta map warna biru untuk calon bintara dan merah bagi calon tamtama.

Nantinya, bagi calon yang lulus seleksi tingkat daerah akan dikirim ke Lapetal Malang untuk mengikuti seleksi tingkat pusat dengan biaya negara dan bagi calon yang gagal tingkat pusat akan dikembalikan kedaerah asal pendaftaran dengan biaya negara, bagi calon hanya dibenarkan mendaftar disatu tempat pendaftaran. “Jadi siapkan diri Anda sebaik baiknya, agar bisa melewati semua tahapan,” ucap Tri Prayitno.

Untuk diketahui selama penerimaan dan seleksi calon Prajurit TNI AL Caba atau Cata PK gelombang II tahun 2018 ini tidak dipungut biaya apapun. Jika ingin mendapatkan info lebih lanjut, dapat diperoleh di tempat pendaftaran di Kantor Mako Lanal Kendari. ((p2/hen)

Click to comment

Leave a Reply

Your email address will not be published. Required fields are marked *

To Top