BERITA UTAMA

Laporan Dana Kampanye Dua Paslon Bupati Dianggap Wajar

KOLAKAPOS, Kolaka–Laporan dana Kampanye dua pasang calon kada yaitu pasangan Ahmad Safei-Muh Jayadin dan pasangan Asmani Arif-Syahrul Beddu yang sudah disetor ke KPU Kolaka dianggap patut atau wajar.

Hal itu diungkapkan oleh sekretaris KPU Kolaka, Idham Hindardi setalah menerima laporan yang sudah diaudit oleh akuntan publik tersebut. “Berdasarkan penilaian akuntan publik yang sudah ditunjuk semuanya patut atau wajar, dan kita sudah umumkan,” ujarnya (12/7).

Kata Idham ada dua akuntan publik yang sudah ditunjuk yang telah melakukan audit laporan dana kampanye tersebut. “Ada dua akuntannya, masing masing audit satu pasang calon,” terangnya.

Lanjutnya, laporan dana kampanye tersebut adalah hal wajib bagi kedua pasangan calon kada karena sesuai dengan ketentuan. “Diatur di PKPU nomor 5 tahun 2017 pasal 48 ayat dua, itu wajib menyampaikan laporan dana kampanyenya,” paparnya.

Terkait dana terbanyak dihabiskan calon dalam kampanye dalam laporan tersebut adalah Rp1,3 miliar. “Kalau saya lihat sepintas paling banyak 1,3 miliar,” ungkapnya.

Dia juga menyatakan bahwa laporan dana kampanye ada hal yang wajib dan penting bagi Paslon untuk dilaporkan. Karena jika tidak maka akan didiskualifikasi. “Kalau tidak penuhi laporannya itu akan didiskualifikasi, jadi memang wajib, dan setelah dinilai semuanya patut, jadi tidak ada masalah,” terangnya.

Idham juga mengatakan bahwa laporan yang sudah diaudit tersebut juga sudah diketahui oleh Panwas. (cr4/c)

Click to comment

Leave a Reply

Your email address will not be published. Required fields are marked *

To Top