METRO KOLAKA

Tujuh Koperasi Raih Penghargaan

KOLAKAPOS, Kolaka–Sebanyak tujuh koperasi dari dua kecamatan meraih penghargaan koperasi berprestasi tingkat kabupaten Kolaka. Penghargaan tersebut diberikan oleh Bupati Kolaka H.Ahmad Safei saat upacara peringatan Hari Koperasi Nasional (Harkopnas) ke-71, di Lapangan kantor Bupati Kolaka (12/7) kemarin.

Ketujuh koperasi tersebut, yakni dari kecamatan Pomalaa Koperasi Kariawan Antam dan KSP Balota Cabang Pomalaa. kemudian untuk Koperasi dari kecamatan Kolaka yaitu KPN Beringin Indah Pemda, KSP Samaturu Jaya, Koperasi Primkop Kartika Hasanuddin dan KSU Tunas Baru.

Kepala Dinas Koperasi dan UKM Kolaka Basir Saripa mengungkapkan penghargaan tersebut diberikan oleh pemerintah kabupaten Kolaka berdasarkan beberapa indikator penilaian. Diantaranya adalah sehat dan baiknya sebuah koperasi dilihat dari kemampuan melaksanakan Rapat Anggota Tahunan (RAT). Untuk di Kolaka saat ini ada 400 koperasi namun yang dinyatakan sehat hanya 55 koperasi.

“Untuk menjadi koperasi yang sehat dan baik, semua harus dimulai dari manajemen koperasi itu sendiri. Dalam artian koperasi yang aktif harus bisa melaksanakan RAT secara rutin setiap tahun. Karena, koperasi ditumbuhkembangkan dari anggota untuk anggota. Itulah mengapa RAT itu menjadi sangat penting. Kita juga akan tetap melakukan pembinaan dan perbaikan koperasi yang kita anggap tidak sehat, ” ungkap Basir.

Menurut dia, koperasi sebagai wadah ekonomi masyarakat yang menjadi penopang ekonomi nasional harus terus aktif dikembangkan di seluruh pelosok Kolaka. Karena, koperasi bersama dengan UMKM (usaha mikro, kecil dan menengah) mampu menjadi pilar perekonomian kerakyatan.

“Kita terus berupaya meningkatkan jumlah koperasi di Kolaka yang tentunya harus dibarengi dengan peningkatan kualitas koperasi, yakni bagaimana koperasi tersebut benar-benar dapat menyejahterakan anggotanya. Karena, keberhasilan pembangunan sektor koperasi tidak hanya dilihat dari jumlah unit koperasi yang ada, namun bagaimana koperasi yang ada itu sehat dan anggotanya sejahtera,” jelasnya.(hud)

Click to comment

Leave a Reply

Your email address will not be published. Required fields are marked *

To Top