KONAWE SELATAN

Waspada ! Sejumlah Ruas Jalan di Konsel Rusak Parah

Salah satu ruas jalan yang longsor di Kecamatan Palangga

KOLAKAPOS, Andoolo–Hujan berkepanjangan di Kabupaten Konawe Selatan (Konsel), menyebabkan longsor pad abeberapa titik. Longsor tersebut meluber hingga ke beberapa ruas jalan. P)engendara diperingatkan untuk lebih waspada, uatamanya saat berkendara malam.

Ruas jalan yang rusak yakni, sekitar pegunungan Wolasi, Anduna dan kecamatan Palangga. Menurut catatan Dinas Pekerjaan Umum dan Tata Ruang Kabupaten Konsel ada sekitar 6 titik ruas jalan yang rusak parah. Hal tersebut diungkapkan oleh Kepala Bidang Bina Marga PU Konsel, Mutakhir Hidayat kemarin (12/7). “Ruas jalan yang rusak dari Wolasi hingga pendakian gunung Anduna ada tiga titik, dan di Palangga tiga titik,” ungkapnya.

Lanjutnya, selaku pihak yang membidangi masalah jalan, pihaknya sudah mengambil langkah antisipasi dengan berkordinasi dengan dinas PU Sultra. “Terkait masalah ini, kami sudah melaporkan data kerusakan jalan yang rusak longsor, termasuk melakukan koordinasi dengan dinas PU Sultra. Kita juga kordinasi dengan pihak Satlantas Polres Konsel terkait masalah keselamatan dengan memasang tanda hati-hati” jelasnya.

Ditambahkannya, dari hasil kordinasi dengan PU Sultra, sudah ada beberapa titik yang sempat diperbaiki tapi longsor lagi, akibat hujan yang terus-menerus. “Harus ada penanganan permanen dari pihak Provinsi terkait masalah ini, sebagian sudah diperbaiki tapi ada tambahan di beberapa titik yang longsor,” tambahnya.

Sementara itu, Kasatlntas Polres Konsel Iptu Izak menambahkan, untuk antisipasi sementara pihaknya telah meminta Dinas terkait untuk disikapi secepatnya termasuk memasang tanda rambu-rambu agar pengendara harus berhati-hati. “Kita sudah bersama PU melakukan perintisan dan peluasan jalan di Wolasi, dengan membersihkan bibir jalan agar pandangan pengendara, tidak terhalang dengan rumput yang tinggi, sehingga kendaraan dari depan bisa terlihat dari kejauhan, begitu juga dengan kubangan longsor,” tandasnya. (k5/b)

Bagikan
Click to comment

Leave a Reply

Your email address will not be published. Required fields are marked *

To Top