KOTA KENDARI

RSUP Bahteramas Bangun Gedung Pusat Layanan Ambulance

KOLAKAPOS, Kendari–Rumah Sakit Umum Provinsi (RSUP) Bahteramas Sulawesi Tenggara (Sultra) terus meningkatkan pelayanan kesehatan. Salah satunya mulai membangun gedung pusat layanan ambulance di depan rumah sakit tersebut.

Direktur RSUD Bahteramas, Yusuf Hamra mengatakan, pembangunan gedung gawat darurat itu ditargetkan selesai pada tahun ini.

“Kami harap pembangunan pusat pelayanan ambulance ini sudah selesai tahun ini. Jadi kalau nanti sistem ke gawat daruratan di provinsi ini sudah terbentuk misalnya nomor 119, begitu dihubungi nomor kami sudah siap meluncur,” ujarnya.

Saat ini, kata dia, kendaraan ambulance RSUD Bahteramas sudah ada enam unit. Lima mobil ambulance biasa, dan satu mobil unit transfusi darah.

“Jadi kendaraan operasional saat ini ada enam, tetapi akan ada tambahan satu lagi kendaraan jenazah yang baru,” katanya.

Layanan ambulance itu, lanjut Yusuf, bisa menjemput pasien di rumahnya atau sebaliknya, tidak hanya di Kota Kendari, tetapi bisa di daerah lain.

Yusuf menjelaskan, ambulance tersebut bisa menjemput pasien dari Unaaha dan berbagai daerah di Sultra yang masih bisa terjangkau, karena mobil yang disiapkan 4×4, jadi bisa sampai kemana saja.

“Yang paling sering diminta kalau pasien dalam sakit keras kan butuh pelayanan ambulance susah kalau mau dimuat di mobil yang biasa. Jadi pakai mobil ambulance dijemput di rumahnya dibawa ke rumah sakit, atau sebaliknya,” jelasnya.

Kita harap mudah-mudahan akhir tahun ini pusat pelayanan ambulancenya sudah jadi, sehingga kita lebih mudah untuk memberikan akses layanan itu,” tandasnya. (hrn)

Bagikan
Click to comment

Leave a Reply

Your email address will not be published. Required fields are marked *

To Top