BERITA UTAMA

Aleg Kutu Loncat Harus Mundur

Net/ilustrasi

KOLAKAPOS, Kolaka–Punya niat mencaleg dari partai lain meski sedang duduk di parlemen? Bersiaplah tinggalkan “kursi panas” itu. Sebab, PKPU nomor 20 tahun 2018 mensyariatkan caleg “kutu loncat” harus mundur dari parlemen untuk mencaleg melalui partai lain.

Ketua KPUD Kolaka Nur Ali menjelaskan, aturan tersebut bersifat mengikat. “Itu sudah jelas telah diatur dalam PKPU. Ketika yang bersangkutan bergeser atau pindah partai. Orang yang bersangkutan harus mengundurkan diri atau siap untuk di PAW,” ungkapnya kemarin (15/7).

Ia juga mengatakan, tidak ada celah bagi politisi yang ingin bermain dua kaki. Misalnya, mendaftar sebagai caleg di partai A dan mendaftar juga di partai B. KPU saat ini terang Nur Ali, telah menggunakan sistem yang canggih melalui aplikasinya. Karenanya, jika ada politisi yang mendaftar menggunakan dua pintu partai, maka pendaftaran tersebut secara otomatis tertolak oleh aplikasi KPU. “Jadi, aplikasi ini bisa mengidentifikasi ada Caleg yang ganda partai. Dan jika ada yang ditemukan, aplikasi ini akan menolak orang tersebut sehingga harus ada perbaikan,” tuturnya.

Hal tersebut terangnya, bukan hanya berlaku para anggota dewan saja. Namun, berlaku pula untuk pengurus Parpol yang ingin pindah partai. (ing/c)

Click to comment

Leave a Reply

Your email address will not be published. Required fields are marked *

To Top