KONAWE

KPUD Konawe Optimis DPSHP Tepat Waktu

Kegiatan Rakor DPSHP.FOTO:Husman/Kolaka Pos

KOLAKAPOS, Unaaha–Komisi Pemilihan Umum Daerah (KPUD) Kabupaten Konawe mulai melakukan perbaikan Daftar Pemilih Sementara (DPS) untuk pemilihan umum (Pemilu) tahun depan. Perbaikan daftar pemilih ini di tandai dengan rapat koordinasi Daftar Pemilih Sementara Hasil Perbaikan (DPSHP) yang dilaksanakan di salah satu hotel di Kota Unaaha, kegiatan ini di hadiri anggota PPK dan PPS pada Sabtu (14/7).

Ketua KPUD Konawe, Muhammad Azwar meminta agar PPK dan PPS untuk lebih teliti melakukan pendataan pemilih. Hal ini demi tersalurkanya hak suara setiap warga negara dalam pemilihan umum nanti. Untuk itu setiap warga yang usianya sudah wajib melakukan wajib pilih harus di teliti.

” Pemilih pemula ini yang harus diteliti petugas lapangan saat melakukan pendatan, demikian dengan pensiunan TNI-Polri,” ujarnya.

Selain data pemilih pemula, petugas juga harus teliti dan mengidentifikasi pemilih yang tidak memenuhi syarat, seperti warga yang telah meninggal atau yang tidak lagi berdomisili di wilayahnya. Jika ada di temukan maka petugas dapat langsung mengeluarkan dari Daftar Pemilih Sementara.

” Kita hanya menekankan teman-teman PPK dan PPS untuk turun langsung lapangan mengecek pemilih pemilih yang belum sempat terdata dalam DPS,” jelasnya

Sementara itu Komisioner KPUD Divisi Data dan SDM Andang Masnur saat dikonfirmasi mengatakan, untuk perbaikan daftar pemilih sementara telah dijadwalkan sesuai juknis. Untuk pleno tingkat PPS tanggal 17-18, sementara rekapitulasi tingkat PPK tanggal 19-20 sedangkan tingkat KPUD tanggal 21-22.

” Kami berharap progres pengimputan data sudah 100 persen menjelang pleno ditingkat PPS,” harapnya. (m4/b)

Click to comment

Leave a Reply

Your email address will not be published. Required fields are marked *

To Top