BOMBANA

Kelompok Tani Bombana Terima Bantuan Traktor Roda Dua

Penyerahan bantuan.FOTO:Haliqfat/Kolaka Pos

KOLAKAPOS, Rumbia–Menjamin peningkatan produktivitas pertanian di kabupaten Bombana, pemerintah pusat melalui Dinas pertanian provinsi Sulawesi Tenggara menggelontarkan bantuan alat pertanian (alsintan) traktor roda dua sebanyak 20 unit..

Pemberian bantuan tersebut di serahkan langsung oleh kepala dinas pertanian kabupaten bombana Andi Nur Alam, Senin(16/7) di pelataran kantor dinas pertanian.

Kata Andi, bantuan ini merupakan tindak lanjut dari program cetak sawah di tahun 2017 lalu,hasilnya tercatat ada 400 hektar sawah dari 20 kelompok tani yang tersebar di lima kecamatan yakni Kecamatan Lantari Jaya, Rarowatu Utara, Tanah Poleang,Rumbia dan Poleang Timur.

“Masing-masing kelompok tani ini memiliki luas lahan seluas 20 hektar sawah yang sudah tercetak tahun lalu,untuk peningkatan dari lahan sawah itu baru tahun ini di realiaasikan bantuannya,” ungkap mantan Kadis Catatan Sipil dan Kependudukan itu.

Ia menjelaskan, pemberian bantuan ini tidak hanya menyerahkan begitu saja, namun ada syarat yang harus dipenuhi yakni kerja sama dinas pertanian dan kelompok tani dalam bentuk kesepakatan yang tertuang dalam berita acara, kata Andi hal ini sengaja di lakukan agar bantuan ini benar benar bermanfaat sesuai dengan peruntukannya.

Ia menambahkan untuk tahun 2018 ini bantuan alat ini merupakan bantuan terakhir dari pemerintah sebab tahun lalu sisa dari luas cetak sawah yang ada di kabupaten bombana hanya seluas 400 hektar saja, jadi bantuan ini untuk mengakomodir luas lahan 400 hektar itu.

“Bantuan alsintan semua sudah terealisasi untuk 20 kelompok tani,tidak ada lagi bantuan serupa dari pemerintah pusat karena bantuan ini berdasarkan data dari daerah ke pusat,bahkan tahun ini juga program cetak sawah belum ada,” tandasnya. (K6/b)

Click to comment

Leave a Reply

Your email address will not be published. Required fields are marked *

To Top