KOTA KENDARI

15 Pemda di Sultra Raih WTP

Termasuk Pemprov dan Pemkot Kendari

KOLAKAPOS, Kendari–Sebanyak 15 pemerintah daerah (Pemda) se Sulawesi Tenggara (Sultra), meraih opini wajar tanpa pengecualian (WTP) dari Badan Pemeriksa Keuangan (BPK) Perwakilan Sultra terhadap laporan hasil pemeriksaan (LHP) Laporan Keuangan Pemeringah Daerah (LKPD) tahun anggaran 2017.

Kepala BPK Perwakilan Sultra, Hermanto, di Kendari, Selasa, mengatakan 15 pemda tesetbut adalah Pemprov Sultra, Pemkot Kendari, Pemkot Baubau, Pemkab Wakatobi, Pemkab Buton.

Selanjutnya Pemkab Bombana, Pemkab Muna, Kolaka, Kolaka Utara, Konawe Selatan, Muna Barat, Konawe, Konawe Utara, Buton Utara dan Buton Tengah.

Sedangkan tiga daerah lainnya yakni Konawe Kepulauan, Kolaka Timur dan Buton Selatan masih opini wajar dengan pengecualian (WDP).

Hermanto menjelaskan, opini WTP adalah opini audit yang diterbitkan jika laporan keuangan dianggap memberikan informasi yang bebas dari salah saji material.?

“Jika laporan keuangan diberikan opini jenis ini, artinya auditor meyakini berdasarkan bukti-bukti audit yang dikumpulkan, perusahaan atau pemerintah dianggap telah menyelenggarakan prinsip akuntansi yang berlaku umum dengan baik. Kalau pun ada kesalahan, maka dianggap tidak material dan tidak berpengaruh signifikan terhadap pengambilan keputusan,” katanya.

Sedangkan Opini WTP adalah opini audit yang diterbitkan jika sebagian besar informasi dalam laporan keuangan bebas dari salah saji material, kecuali untuk rekening atau item tertentu yang menjadi pengecualian.

“Sebagian akuntan memberikan julukan little adverse (ketidakwajaran yang kecil) terhadap opini jenis ini untuk menunjukan adanya ketidakwajaran dalam item tertentu, namun demikian ketidakwajaran tersebut tidak mempengaruhi kewajaran laporan keuangan secara keseluruhan,” katanya. (p/hen)

Click to comment

Leave a Reply

Your email address will not be published. Required fields are marked *

To Top