METRO KOLAKA

Tujuh Orang Terdeteksi Menderita Kusta

KOLAKAPOS, Kolaka–Walaupun hingga saat ini pemerintah kabupaten Kolaka maksimal untuk melakukan pemnyembuhan penyakit kusta. Namuan hingga 2018 ini masih ada tujuh orang yang terdeteksi menderita Kusta.

Kepala Bidang Pengendalian dan Pencegahan Penyakit Dinas Kesehatan Kolaka, Madu mengatakan data pada 2017 lalu penderita Kusta di Kolaka mencapai 34 orang, dengan pendekatan secara persuasif pemerintah Kolaka bisa nekan angka tersebut.

“Untuk 2018 ini masih ada beberapa orang yang menderita kusta untuk jumlahnya menurun drastis yaitu tujuh orang,” ujar Madu dalam kegiatan kampanye penyakit Rubela.(17/7)

Menurut Madu penyakit kusta dapat menular melalui lingkungan, bukan melalui sentuhan langsung. Karena itu pemerintah kabupaten mengimbau pada masyarakat agar tidak takut menyentuh penderita kusta ataupun menjauhinya.

“Tak usah takut menyentuh saudara kita yang kusta dan jangan sembunyikan dia. Tapi segera laporkan ke kami ataupun layanan kesehatan yang terdekat supaya segera ditangani karena mereka juga ingin hidup normal. Penyakit kusta itu bisa disembuhkan jika diobati secara rutin selama 6-12 bulan,” paparnya.

Madu berharap, dengan upaya yang dilakukan pihaknya dalam mengeliminasi penyakit kusta di Bumi Mekongga, maka ia optimis tahun 2019 mendatang tidak ada lagi warga yang menderita penyakit tersebut.

“Salah satu program prioritas Pemkab Kolaka adalah pemenuhan layanan kesehatan. Agar program Kolaka bebas dari Kusta maka kami minta dukungan camat, lurah ataupun Kades serta seluruh masyarakat segera melaporkan pada petugas kesehatan jika ada warga yang diketahui mengidap atau terindikasi menderita penyakit kusta agar segera ditangani. Salah satu gejala kusta yaitu adanya bercak putih dan bila disentuh tidak terasa,” tandasnya. (hud)

Bagikan
Click to comment

Leave a Reply

Your email address will not be published. Required fields are marked *

To Top