BERITA UTAMA

Di Kolaka, Ada Partai tak Penuhi Kuota Calegnya

Saat parpol Golkar mendaftar kan calegnya.

KOLAKAPOS, Kolaka–Ketua Komisi Pemilihan Umum (KPU) Kolaka, Nur Ali mengatakan, ada beberapa Partai Politik di Kolaka yang tidak memenuhi kuotanya mengajukan daftar calon anggota legislatif nya untuk pemilu 2019 nanti. Hal itu disampaikan oleh Nur Ali disela-sela kesibukan KPU Kolaka melakukan verifikasi terhadap daftar caleg yang diajukan oleh parpol di Kolaka.
“Iya ada beberapa partai yang tidak full masukkan calegnya, sementara kita verifikasi ini,” ungkapnya.
Salah satu partai yang disebut oleh Ketua KPU adalah Partai Demokrat. Selain itu dua baru lainnya juga yaitu partai Berkarya dan PSI. “Kalau tidak salah partai Demokrat dan ada dua partai baru, nantilah kita sampaikan, kita verifikasi dulu,” terang Nur Ali.
Dia juga menyampaikan bahwa partai yang tidak memenuhi kuota tersebut, tidak bisa lagi menambah atau mengajukan tambahan. “Tidak bisa lagi ditambah atau ajukan tambahannya,” terangnya.
Meski ada yang tidak memenuhi jumlah kuota tersebut kata Nur Ali tidak berpengaruh terhadap hasil verifikasi. “Kalau sementara semua 16 partai memenuhi syarat, diterima, selanjutnya kita verifikasi dulu apakah ada masalah atau tidak, Soal tidak full kuotanya tidak mempengaruhi, yang penting memenuhi syarat diterima dulu,” ujar Nur Ali.
Lanjutnya, kata Nur Ali, daftar caleg yang diajukan oleh parpol tersebut nantinya juga akan mendapat tanggapan masyarakat. “Nanti juga kita tanggapan masyarakat, terkait caleg yang diajukan tersebut sebelum ditetapkan,” ungkapnya. (cr4/b/hen)

Click to comment

Leave a Reply

Your email address will not be published. Required fields are marked *

To Top