BERITA UTAMA

Petani Konawe Gagal Panen

Rahmad Nur, Kabid bidang tanaman pangan dan holtikultura, dinas Pertanian Konawe

Klaim Asuransi ke Jasindo

KOLAKAPOS, Unaaha–Pasca banjir Konawe yang menenggelamkan 176 hektar sawah petani di beberapa kecamatan sehingga gagal panen, 141 hektar di antaranya mulai melakukan klaim asuransi pertanian di PT. Jasa Indonesia Persero (Jasindo). Hal ini di sampaikan Kepala bidang tanaman pangan dan holtikultura. Dinas Pertanian Konawe, Rahmad Nur, kamis (19/7).

Kata Rahmad, data yang masuk di dinas pertanian hingga Kamis kemarin, baru terdapat 13 kelompok tani yang mengajukan klaim, jumlah kelompok dan luas lahan yang terkena dampak banjir beberapa waktu lalu dimungkinkan akan bertambah sebab petugas lapangan dan pengawas dinas pertanian masih melakukan pendataan di beberapa titik wilayah yang terkena banjir beberapa waktu lalu.

” Sampai hari ini sekitar 141 hektar sawah untuk 13 kelompok tani yang mengajukan klaim, data ini kami terima dari PPL kecamatan bersama pengawas lapangan,” Kata Rahmad Nur.

Untuk klaim asuransi yang akan diterima petani, tambah Rahmad, dalam satu hektar akan di berikan sebesar Rp. 6.000.000, akan tetapi petani yang diberikan asuransi tersebut merupakan petani yang telah terdaftar di data base PT. Jasindo, karena setiap petani wajib membayar premi setiap musim tanam sebesar Rp. 180.000 perhektar, karena pemerintah memberikan subsidi 80 persen maka petani hanya membayar Rp 36.000 perhektarnya.

” Inilah manfaatnya kalau petani ikut dalam program asuransi pertanian Jasindo, jika gagal panen yang disebabkan bencana, seperti banjir, hama dan kering sampai gagal panen maka petani bisa mengajukan klaim, nah yang terjadi di Kabupaten Konawe di sebabkan bencana banjir, tanaman padi yang baru berumur 50 hari terendam air dan puso,” Tambah Rahmad.

Dari 12 kelompok tani yang mengajukan klaim antaranya, Sekar Harum, 9 Hektar, Sumber Makmur 4,5 Hektar, Karya Makmur 2,50 Hektar, Rukum Makmur 2, 13,25 Hektar, Tunas Jaya, 9 Hektar, Tunas Indah I, 15,5 Hektar, Mekar jaya, 21,33 Hektar, Tunas jaya, 17 Hektar, podo makmur 16,6 Hektar, Suka tani, 4 Hektar, mekar sari, 20.75 Hektar, sumber rejeki, 17,25, Hektar, jika di akumulasikan jumlah keseluruhan maka Jasindo akan mengeluarkan dana asuransi sebesar Rp. 846.000.000 untuk 13 kelompok tani. (m4/b/hen)

Click to comment

Leave a Reply

Your email address will not be published. Required fields are marked *

To Top