BERITA UTAMA

PKPI Siapkan PAW di DPRD Kolaka

KOLAKAPOS, Kolaka–Nasib Musdalim Zakir di Dewan Perwakilan Rakyat Daerah (DPRD) Kabupaten Kolaka, bisa dipastikan tidak akan lama lagi pasca masuk dalam Daftar Calon Sementara (DCS) di Partai Gerakan Indonesia Raya (Gerindra). Sebab, Partai Keadilan dan Persatuan Indonesia (PKPI) yang mengantarkan Musdalim Zakir di parlemen Mekongga pada Pilcaleg 2014 lalu, saat ini mulai menyiapkan figur calon Pergantian Antar Waktu (PAW) untuk menggantikan posisi Musdalim Zakir.

Ketua Dewan Pimpinan Kabupaten (DPK) PKPI Kolaka Munawar mengatakan, untuk proses PAW Musdalim Zakir akan segera diproses. Namun untuk saat ini, DPK PKPI Kabupaten Kolaka masih sementra fokus terhadap Daftar Calon Sementara (DCS) untuk DPRD Kabupaten Kolaka pada 2019 mendatang.

“PAWnya (Musdalim Zakir red), akan secepatnya kami proses di DPRD Kolaka. Tapi, saat ini, kami masih fokus dulu terhadap DCS, jangan sampai ada perbaikan atau berkas yang harus dilengkapi setelah KPUD Kolaka melakukan verifikasi. Setelah itu, baru akan kami proses PAW,” ungkapnya saat ditemui di halaman sekretariat KPUD Kolaka, usai menyerahkan DCS PKPI, kemarin.

Ia juga mengatakan, kandidat atau nama yang akan menggantikan Musdalim Zakir di DPRD Kolaka untuk masa jabatan hingga 2019 nanti adalah saudara Safaruddin Baco. “Paling lama Agustus depan sudah di PAW. Karena, saya akan proses secepatnya. Selain itu, harus melewati beberapa tahapan terlebih dahulu,” tuturnya sambil berlalu.

Untuk diketahui, berdasarkan PKPU No 20 tahun 2018 tentang pencalonan anggota DPR,DPRD Provinsi dan DPRD Kabupaten Kota pada pasal 8b poin 8, Mengundurkan diri dan tidak dapat ditarik kembali bagi calon yang berstatus sebagai anggota DPR,DPRD Provinsi dan DPRD Kabupaten/Kota yang dicalonkan oleh Partai Politik yang berbeda dengan Partai Politik yang diwakili pada pemilu terakhir. Dengan demikan, secara tidak langsung, sudah dipastikan tetap akan di PAW pada DPRD Kolaka. Karena, aturannya sangat jelas. (ing/hen)

Click to comment

Leave a Reply

Your email address will not be published. Required fields are marked *

To Top