KONAWE SELATAN

Pemda Konsel Bersama Indomaret Gelar Pelatihan UMKM

Suasana pelatihan UMKM.FOTO:Sapruddin/Kolaka Pos

KOLAKAPOS, Andoolo–Pemerintah Kabupaten Konawe Selatan (Konsel) bersama Indomaret menggelar Seminar dan Pelatihan kepada 75 pelaku Usaha Mikro, Kecil dan Menengah (UMKM) yang di buka oleh Bupati Konsel, H. Surunuddin Dangga, ST.,MM di dampingi Wabup Dr. H. Arsalim Arifin, SE.,M.Si dan jajaran Top Management Indomaret Pusat bertempat di Aula Pertemuan Kantor DPMD Konsel, Jumat (20/7/2018).

Dalam sambutannya, Bupati Konsel memberikan apresiasi atas inisiasi pihak indomaret menggelar kegiatan seminar dalam rangka mengembangkan pengetahuan dan kemampuan kepada para pelaku UMKM di Konsel, yang juga merupakan sebagai salah satu syarat di perbolehkannya gerai Indomaret untuk berinvestasi di wilayah Konsel ketika menandatangani Izin operasinya.

“Kegiatan ini di selenggarakan karena sesuai permintaan saya saat teken surat izinnya untuk buka dikonsel, agar bersedia menjadi Bapak Angkat bagi para pelaku UMKM yang ada, dan alhamdulillah hari ini pihak indomaret merealisasikan janjinya, sejalan dengan Motto Pemda yang membuka keran investasi seluas-luasnya dengan syarat wajib saling menghidupi yang tidak mematikan usaha lokal,” tutur Surunuddin.

Surunuddin juga mengatakan bahwa, dirinya juga sudah bertemu dengan Owner Indomaret, Anthoni Salim yang berjanji akan membuka integrated farming system (Pertanian Terpadu) terbesar dan lengkap di Konsel, dimana lahannya sudah disiapkan Pemda karena Indomaret juga didukung dengan aneka produk yang sangat lengkap yang di butuhkan dalam kehidupan sehari-hari, tentu dengan harapan perusahan seperti ini yang bisa menghidupkan usaha dan pelaku usaha yang ada, khususnya menumbuhkan jiwa entrepreneur kawula muda agar terbuka hatinya membuka usaha baru yang akan di bina pihak Indomaret dan Pemda.

“Jadi melalui kesempatan ini saya himbau dan tantang para pemuda Konsel untuk berfikir dengan memamfaatkan potensi yang ada untuk membuka peluang usaha apa saja, Pemda bersedia membantu dan mengakomodir, salah satu contohnya membuka usaha tempat nongkrong/cafe yang ada wifinya, juga seiring dengan perkembangan jaman saat ini yang dapat memberikan penghasilan yang menguntungkan,” tutur Surunuddin

Ia juga berharap agar Indomaret bukan hanya menggelar pelatihan semata, tetapi bagaimana membina dan memberdayakan pelaku umkm di Konsel agar terus mengembangkan SDMnya, dan meningkatkan mutu dan kualitas produk olahannya dan menjadikan  produk dan merk tersebut bisa diterima masyarakat luas dan bisa di pasarkan di setiap gerai indomaret termasuk pemasaran sistem online, sehingga roda ekonomi bisa berjalan dengan baik antara masyarakat konsel dan pihak Indomaret itu sendiri dengan asas saling membantu dan membutuhkan.

“Jadi, selamat melaksanakan seminar, semoga pengetahuan dan kemampuan para peserta bisa bertambah dengan cara menyimak setiap materi yang disampaikan sehingga jiwa, keterampilan dan kompetensi kewirausahaan bisa tumbuh dan bermamfaat bagi diri, keluarga maupun masyarakat luas, apalagi UMKM sudah terbukti tahan terhadap berbagai krisis yang melanda, dan kepada Indomaret kami berharap kerjasama ini bisa terjalin secara berkesinambungan dengan terus meningkatkan peran dan pendapatan masyarakat lokal secara umum sehingga terwujud usahawan dan masyarakat Konsel yang adil dan sejahtera,” pungkas Surunuddin.

Sedangkan, dalam paparannya, Deputi Branch Manager Operasional Indomaret Wilayah Sulselra, Setia Budi mengatakan bahwa atas nama Management Indomaret, kami memberikan apresiasi dan menyampaikan ucapan terimakasih yang tulus kepada Pemda Konsel dalam hal ini Bupati dan Wabup beserta seluruh jajarannya karena telah memberikan tempat, partisipasi dan menghadirkan para pelaku UMKM, sehingga Seminar dan Pelatihan yang bertemakan

” Meningkatkan Produktifitas Melalui Inovasi dan Kreatifitas” bisa terselenggara, yang juga sesuai dengan UU No 20 Tahun 2008 tentang pemberdayaan UMKM dan kemitraan dengan Pengusaha.

“Dimana, kegiatan seminar ini merupakan yang ke 3 (tiga) kalinya di adakan di Sultra,  pertama di Kab Konawe, selanjutnya Kota kendari, dan ditempat ini dengan harapan semoga para pelaku UMKM binaan Pemkab Konsel bisa berkompetisi dalam pasar global, dan mengajak untuk lebih brani berwirausaha serta mendukung Pemerintah dalam pengembangan UMKM,” tukas Setia Budi.

“Kami juga berharap semoga kegiatan tersebut bisa berjalan lancar dan menjadikan kita semua menjadi pelaku UMKM yang Tangguh, Kreatif dan Inovatif, dan jadilah selalu UMKM Konsel bersama Indomaret dan Pemda Konsel sehingga terwujud Desa Maju Konsel Hebat,” tandasnya.

Untuk diketahui, di sela-sela acara berlangsung, pihak Indomaret membagi-bagikan Doorprize bagi peserta yang di serahkan langsung Bupati, Wabup dan Management Indomaret dengan Hadiah Utama berupa 2 buah gerobak tempat usaha dan puluhan peralatan elektronik lainnya. (K5/b)

Click to comment

Leave a Reply

Your email address will not be published. Required fields are marked *

To Top