KOTA KENDARI

AJI dan Google Latih Jurnalis Tangkal Hoaks

Suasana pelatihan

KOLAKAPOS, Kendari–Hoax di internet menjadi musuh bersama. Untuk itu, Aliansi Jurnalis Independen (AJI) bersama Google News Initiative dan Internews menggelar pelatihan bertema Google News Initiative Training Network, kepada puluhan jurnalis berbagai media di salah satu hotel Kendari, Sabtu (21/7) hingga Minggu (22/7).

Ketua AJI Kendari Zainal A. Ishaq mengatakan, salah satu fokus dari pelatihan ini adalah mengasah keterampilan jurnalis untuk memanfaatkan sejumlah tools di internet guna melakukan verifikasi informasi yang banyak beredar di dunia maya (false news, fake news, hoax).

“Peserta juga akan mempelajari berbagai materi bersifat teknis mengenai kebersihan data digital (digital hygiene), analisa dasar atas informasi, pencarian dan penelusuran data, serta beragam tools menarik lainnya yang dapat digunakan untuk melakukan investigasi secara online,” ujarnya.

Zainal yang juga pemateri pelatihan mengungkapkan, saat ini hoaks dilakukan dengan sangat rapi, sehingga nyaris sulit dibedakan. Untuk itu, para jurnalis, sebagai orang yang memberikan informasi harus mampu melakukan sesuatu untuk menangkal hal tersebut.

“Di sinilaah pentingnya verifikasi. Baik itu kepada sumber langsung atau menggunakan tools yang disediakan Google,” jelasnya.

Trainer Google Rahmat Hardiansya mengatakan, ada banyak jenis hoaks yang sedang beredar saat ini. Namun secara umum dapat dipisah menjadi dua, yakni Misinformasi dan Disinformasi.

Ia menjelaskan, Misinformasi adalah seseorang yang membagikan atau menyebar berita hoaks, namun sebenarnya dia tidak tahu jika berita atau informasi tersebut bohong.

Sedangkan disinformasi adalah informasi yang sudah diketahui bahwa itu hoaks namun tetap disebar.

“sebaiknnya setiap informasi atau berita harus dilihat apakah berpotensi hoaks atau tidak dengan melihat konten dan sumbernya,” ujarnya.

Ia menambahkan, dalam menangkal hoaks harus dimulai diri sendiri, dengan cara sering-sering membaca dan tidak hanya melihat judul berita.

“Ketahui juga ciri-ciri media yang kredibel, tandasnya. (hrn)

Click to comment

Leave a Reply

Your email address will not be published. Required fields are marked *

To Top