METRO KOLAKA

BPBD Kolaka Evakuasi 115 Kepala Keluarga Korban Banjir

KOLAKAPOS, Kolaka–Hingga saat ini pemerintah kabupaten Kolaka masih siaga bencana dan melakukan pembenahan diwilayah pasca banjir Sabtu (21/7) lalu. Dalam musibah banjir waktu lalu pemerintah Kabupaten Kolaka melaui Badan Penanggulangan Bancana daerah (BPBD) Kolaka menjelaskan ada dua kecamatan yang terkena banjir yaitu Kolaka dan Latambaga untuk korban terdampak banjir dan dievakuasi 115 kepala keluarga.

Kepala Penanganan Darurat dan Logistik BPBD Kolaka Sutarno mengatakan untuk data sementara lokasi banjir di kabupaten Kolaka yaitu di kecamatan Latambaga dan Kolaka. Untuk wilayah kecamatan Latambaga masyarakat yang terkena dampak banjir yaitu kelurahan Sakuli ada 68 kepala keluarga, kelurahan Latambaga 13 kepala keluarga. Sementara itu untuk wilayah kecamatan Kolaka, warga yang terkena dampak banjir yaitu di kelurahan Lamokato 23 kepala keluarga serta kelurahan Laloeha 11 kepala keluarga.

“Itu data sementara, untuk wilayah luar Kota Kolaka hingga saat belum ada informasi,” ujarnya.

Lanjut ia mengatakan dalam musibah banjir pada (21/7) tidak ada korban jiwa, hanya ada yang menderita sakit karena kondisi kedinginan serta satu orang warga yang kecelakaan karena terkena aliran listrik. Namun warga yang terkena aliran tersebut telah ditangani oleh medis.

“Kalau prediksi perhitungan materil BPBD Kolaka tidak melakukanya. Kami hanya melakukan penangan musibah dan pasca banjir saja,” ujar Sutarno.

Menurut Sutarno saat ini BPBD Kolaka telah melakukan evakuasi para korban serta melakukan invetarisasi jumlah korban serta mendirikan posko bencana ditempat yang aman.

“Kami juga telah memberikan bantuan darurat berupa makanan jadi, bahan makan berupa beras, telur, mie instan termasuk makanan ringan. Hingga saat ini BPBD Kolaka juga melakukan koordinasi lintas sektor untuk penanganan korban. dengan bekerja sama dengan Tagana Dinas Sosial Kolaka, Basarnas Kolaka, Sar Antam, Palang Merah Indonesia kabupaten Kolaka, Puskesmas Latambaga, Tentara Nasional Indonesia Kodim 1214 Kolaka dan Polres Kolaka,” tambahnya.(hud)

Click to comment

Leave a Reply

Your email address will not be published. Required fields are marked *

To Top