METRO KOLAKA

Jembatan Gantung Lalombaa Terancam Putus

KOLAKAPOS, Kolaka–Jembatan Gantung Kelurahan Lalombaa Kecamatan Kolaka yang sudah berumur sekitar 6 tahun terancam rusak karena pondasi jambatan gantung tergerus air sungai Kali Merah Sabtu (21/7) lalu. Pantauan dilapangan, posisi jembatan gantung sekitar 15 meter miring dengan kondisi papan pijakan yang sudah rapuh. Kondisi pondasi dan pengikat tali untuk menarik jembatan juga sudah terhempas oleh kayu yang ada di sekitar jembatan gantung tersebut.

Ari warga kampung Soppeng lalombaa, jembatan gantung yang menjadi tumputan di wilayah perkebunan kakao lalombaa bakal putus jika tidak ada penangan cepat dari pemerintah kabupaten Kolaka.

“Kondisi saat ini sudah memperihatinkan, bahkan penyangga tali kawat sudah ada yang di bawa oleh air. Kami bersama masyarakat terpaksa memutus satu tali penyangga karena kondisinya yang membahayakan jembatan. Banyak kayu yang tersangkut akibat luapan sungai yang begitu tinggi. Kayu tersebutlah yang menyebabkan jembatan gantung menjadi miring dan akan terputus,” ujarnya.

Lanjut Ari jembatan tersebut merupakan pilot project kegiatan padat karya berbasis lokal dibuat TNI dan BUMN dengan estimasi anggaran ratusan juta rupiah. (hud)

Click to comment

Leave a Reply

Your email address will not be published. Required fields are marked *

To Top