BERITA UTAMA

421 Bacaleg di Kolaka, Banyak Belum Memenuhi Syarat

Nur Ali Ketua KPU Kolaka

KOLAKAPOS, Kolaka —Data dari Komisi Pemilihan Umum (KPU) Kabupaten Kolaka, hanya ada 421 Bakal Calon Anggota Legislatif yang diajukan oleh 16 Partai Politik di Kolaka untuk Pemilu 2019 di 4 dapil yang ada. Padahal jika melihat kuota kursi yang ada seharusnya jumlah bacaleg jika semua parpol memenuhi pengajuan kuota calegnya akan berjumlah 480 caleg.
“Ada parpol yang tidak penuhi kuotanya pengajuan calegnya, sehingga jumlah total Hanay 421, padahal kalau semua penuhi 30 bacaleg kali 16 partai itu ada 480 bacaleg,” papar Nur Ali Ketua KPU Kolaka (23/7).
Lanjutnya dari total keseluruhan tersebut laki-laki berjumlah 262, sementara perempuan berjumlah 159.”untuk keterwakilan perempuan itu rata ratanya mencapai 37,77 persen, semuanya memenuhi kuota bahkan ada partai sampai 42 persen,” ujar Nur Ali.
Adapun parpol yang tidak memenuhi kuota 30 kursi bakal calegnya diantaranya yaitu partai Garuda hanya mengajukan 26 bacaleg, partai Berkarya hanya mengajukan 6 Bacaleg, Partai Persatuan Pembangunan hanya mengajukan 29 Bacaleg, Partai Solidaritas Indonesia hanya mengajukan 20 Bacalegnya, dan Partai Demokrat yang hanya mengajukan 25 Bacalegnya.
Dari lanjut Nur Ali , dari 421 Bacaleg yang diajukan tersebut , 2 diantaranya Tidak Memenuhi Syarat (TMS) yaitu satu dari partai Garuda Karena tidak cukup umur dan satu dari PAN Karena mantan Napi Korupsi.
Nur Ali juga mengungkapkan, bahwa lebih dari setengah total bacaleg tersebut Belum Memenuhi Syarat (BMS). “Ada 236 Bacaleg yang BMS, itu ada beberapa kelengkapan syarat belum dipenuhi, tapi kan masih ada masa perbaikan,” terang Nur Ali. (cr4/b/hen)

Bagikan
Click to comment

Leave a Reply

Your email address will not be published. Required fields are marked *

To Top