BERITA UTAMA

Belum Cukup Umur, KPU Kolaka Coret Caleg Usulan Partai Garuda

Aidil Adha, Komisioner KPU Kabupaten Kolaka

KOLAKAPOS, Kolaka — Setelah sebelumnya Calon Anggota Legislatif DPRD Kolaka untuk Pemilu 2019 dari Partai Amanat Nasional (PAN) Kolaka tidak diloloskan dalam verifikasi oleh Komisi Pemilihan Umum (KPU) Kabupaten Kolaka, kini ada satu lagi bakal caleg yang juga “di coret” oleh KPUD Kolaka.
Bakal caleg yang “dicoret” tersebut adalah bakal caleg dari Partai Garuda untuk daerah pemilihan Kolaka IV meliputi Kecamatan Latambaga dan Kolaka.
Bacaleg tersebut bernama Tri Nurdiana Utami yang diusulkan menempati posisi nomor urut 4.
“Dari partai Garuda, atas nama Tri Nurdiana Utami bacaleg nomor 4 untuk dapil 4,” kata Aidil Adha, Komisioner KPU Kabupaten Kolaka pada 23/7.
Tri Nurdiana Utami, lanjut Aidil tidak lolos dalam verifikasi karena tidak memenuhi syarat sebagaimana ketentuan dalam PKPU 20 tahun 2018. “Belum cukup umur, dia kelahiran tahun 1998, jadi tidak memenuhi syarat dan ketentuan,” ujar Aidil.
Aidil juga menyatakan dengan demikian bacaleg yang tidak memenuhi syarat atau TMS yang diajukan oleh 16 partai sudah berjumlah dua orang. “Jadi sudah dua, kemarin ada dari PAN tambah satu dari Garuda ini,” paparnya .
Kemungkinan masih ada bacaleg yang akan “dicoret” kata Aidil jika nanti ada penyampaian atau tanggapan masyarakat dalam penetapan daftar calon sementara.” Bisa saja ada lagi, siapatau ada tanggapan dari masyarakat yang setelah ditelusuri dan diteliti memang tidak memenuhi syarat,” paparnya.
Meski demikian kata Aidil, bacaleg yang “di coret” tersebut masih bisa digantikan oleh partainya kembali. “Masih bisa mengusul penggantinya, masih ada masa perbaikan, Jadi tahapan perbaikan ini meliputi perbaikan dokumen calon juga perbaikan calon, dan syarat calon,” terangnya. (cr4/b/hen)

Click to comment

Leave a Reply

Your email address will not be published. Required fields are marked *

To Top