METRO KOLAKA

Di Kolaka Harga Telur Naik

KOLAKAPOS, Kolaka — Kenaikan harga telur ayam ras ternyata tidak hanya berlaku di Kota Kendari maupun beberapa daerah lainnya di Sultra. Namun ternyata, saat ini dapat dirasakan pula oleh masyarakat Kabupaten Kolaka. Sebab, harga telur yang ada di bumi mekongga itu, saat ini telah mengalami kenaikan harga pula.

Kenaikan harga itu bukan baru saja berlangsung, namun terjadi sudah hampir sepekan. Untuk telur ayam kecil misalnya. Kalau sebelumnya setiap raknya berkisar Rp.42.000 hingga 43.000. Kini harganya mencapai Rp. 45.000 setiap raknya. Sementara untuk telur ayam ras ukuran jumbo, sebelumnya dijual antara Rp. 55.000 hingga 58.000 setiap raknya, kini setiap raknya dijual Rp.60.000.

“Kenaikan harga ini baru terjadi beberapa hari ini pak. Karena, dari distributor juga mengalami kenaikan harga. Selain itu, stoknya juga berkurang,” ungkap Justang salah satu pedagang telur yang ada di pasar raya mekongga, senin (21/7).

Sama halnya dengan pedagang lainnya. Meski malu-malu untuk menyebutkan namanya agar tidak dikorankan. Namun dirinya beranggapan, kenaikan harga telur saat ini lantaran kurangnya pasokan dari distributor yakni dari Sulawesi Selatan. Sementara untuk permintaan atau konsumsi telur masyarakat Kolaka sangat tinggi. Selain itu katanya, saat ini telah memasuki dua musim. Yakni musim jamaah haji dan musim pesta, sehingga konsumsi telur semakin tinggi.

“Ini sudah fenomena tahunan pak, lantaran banyak acanya, Baik itu perkawinan maupun lainnya,” ungkapnya pada waktu yang bersamaan. (ing/hen)

Click to comment

Leave a Reply

Your email address will not be published. Required fields are marked *

To Top