METRO KOLAKA

Nakertrans Kolaka Latih Tenaga Kerja Profesional

ilustrasi/net

KOLAKAPOS, Kolaka–UPTP Peningkatan Produktivitas Kendari bersama dengan Dinas Tenagakerja dan Transmigrasi Kolaka melakukan pelatihan peningkatan produktifitas untuk masyarakat yang saat ini masih belum memiliki kemampuan khusus dalam bekerja. Pelatihan yang dilaksanakan selama empat hari di Kolaka diharapkan bisa menambah pengetahuan masyarakat yang belum memiliki keahlian kerja.

Kepala seksi Pemberdayaan UPTP Peningkatan Produktifitas Kendari Mashur Malaka mengatakan peningkatan produktivitas adalah program kerja yang dilakukan oleh UPTP Peningkatan Produktifitas Kendari. Tujuan kegiatan adalah untuk meningkatkan kwalitas kerja masyarakat yang ada di Sulawesi Tenggara. Sehingga diharapkan semua peserta yang ikut dalam kegiatan ini bisa mengikuti secara serius.

“Ikutilah kegiatan dengan baik dan benar. Semua tahapan harus dilewati oleh peserta agar para peserta bisa memiliki ilmu lebih,” ujar Mashur.

Lanjut ia mengatakan saat masyarakat Indonesia dihadapkan dengan para pekerja asing. Sehingga masyarakat juga harus mempu untuk menyeimbangkan kemampuan dalam bekerja. Jika tidak dilakukan maka masyarakat akan tertinggal dan akan menjadi buruh kasar di daerahnya, sementara yang memiliki kemampuan lebih akan mendapat pekerjaan yang lebih baik dengan gaji lebih tinggi.

“Sekarang sudah masuk Masyarakat Ekonomi Asean, bangsa Indonesia tidak bisa menahan warga asing untuk bekerja. Karena itu pemerintah selalu mendorong agar masyarakat bisa memiliki kemampuan seperti warga asing yang datang ke Indonesia,” kata Mashur.

Sementara itu Kepala Dinas Tenagakerja dan Transmigrasi Kolaka Andi Sastra Pangerang mengatakan dengan pelatihan yang dilaksakan di Kolaka bekerjasama dengan UPTP Peningkatan Produktifitas Kendari, merupakan salah satu tujuan untuk meningkatkan kwalitas tenaga kerja yang ada di Kolaka. Kegiatan yang diikuti oleh 20 orang diharapkan bisa menjadi motor penggerak tenagakerja yang belum begitu memiliki keahlian khusus. Kegaiatan pelatihan akan berlangsung selama lima hari pada 23 hingga 27 Juli.

“Peserta pelatihan yang saat ini mengikuti kegiatan harus bersukur, karena masih banyak yang ingin mengikuti pelatihan namun belum bisa masuk karena kuotanya terbatas. Peserta akan rugi jika tidak ada hasil yang di dapatkan dalam pelatihan ini. Jika ingin berhasil maka peserta harus disiplin mengikuti semua kegiatan. Saya mewakili pemerintah Kabupaten Kolaka mengucapkan terimaksih kepada pemerintah provinsi terutama UPTP Peningkatan Produktifitas Kendari yang selalu memberikan program pelatihan untuk masyarakat Kolaka, mudah-mudahan program ini berkelanjutan,” ujar Sastra.(hud)

Click to comment

Leave a Reply

Your email address will not be published. Required fields are marked *

To Top