BERITA UTAMA

Pelayanan kepada Napi tak Ada yang Diistimewakan

Petugas LP saat memperlihatkan kondisi ruang tahanan napi korupsi di Rutan klas IIb Raha.

KOLAKAPOS, Raha — Perilaku Kalapas Sukamiskin Wahid Husein yang telah melakukan jual beli fasilitas tahanan dan memberikan keleluasan terhadap Narapidana (Napi) korupsi untuk menggunakan perangkat komunikasi dan barang elektronik lainnya secara leluasa di dalam ruang tahanan rupanya perilaku tersebut sangat di sayangkan oleh petugas lembaga permasyarakatan (LP) rumah tahanan (Rutan) klas IIb Raha.

Pelaksana Harian (Plh) Kepala Rutan Klas IIb Raha, La Fata mengatakan, peristiwa OTT KPK terhadap Kalapas Sukamiskin Bandung membuat perasaannya terpukul, sedih sekaligus kesal. Sebab, petugas LP sudah melakukan reformasi untuk perbaikan citra di mata publik namun masih saja ada oknum yang menghancurkan upaya mereka tersebut. “Disini ada lima orang Napi korupsi. Mereka kami satukan dengan Napi narkoba dan Napi kejahatan umum. Untuk pelayanan, kita tidak pernah membedakan napi korupsi dan napi lainnya,” ujarnya pada Kolaka Pos saat ditemui ruang kerjanya Senin pagi (23/7).

Menurutnya, pelayanan terhadap napi tidak boleh ada yang di istimewakan apalagi terhadap napi korupsi. Sebab hal tersebut sebagai gambaran untuk masyarakat khususnya para napi, jika sudah bebas mereka jadi sadar dan tidak lagi mengulangi perbuatan melanggar hukum. “Pada dasarnya keluarga napi korupsi ini selalu bersenang-senang. Jadi setelah melihat napi korupsi di berlakukan tidak beda dengan napi lainnya, diharapkan bisa menjadi shock terapi bagi yang lain,” katanya

Senada Kepala Kesatuan Pengamanan Rutan, Muh Arafad mengatakan, saat ini jumlah tahanan Rutan klas IIb Raha sudah over kapasitas yakni sudah mencapai 359 napi. “Ruangan tahanan ini enam meter kali enam meter itu diisi 18 napi yakni 5 orang napi korupsi, 5 orang napi narkoba dan 8 orang napi kejahatan umum. Jadi sudah over kapasitas. Harusnya 15 napi dalam satu ruangan tahanan,” ucapnya sembari mengajak wartawan media ini melihat kondisi ruang tahanan napi pada pagi itu. (m1/b/hen)

Click to comment

Leave a Reply

Your email address will not be published. Required fields are marked *

To Top