BERITA UTAMA

Normalisasi Anggaran, Kegiatan Dinas Dihentikan

Plt. Bupati Konawe, Tasman Taewa.

KOLAKAPOS, Unaaha — Sejumlah kegiatan di Satuan Kerja Perangkat Daerah (SKPD) lingkup Pemkab Konawe terancam gagal dilaksanakan. Hal ini menyusul defisit anggaran yang terjadi di kabupaten Konawe tahun ini.

Saat ditemui, Pelaksana Tugas (Plt) Bupati Konawe, Tasman Taewa, mengaku anggaran yang ada di Pemkab Konawe saat ini tidak mampu merealisasikan sejumlah kegiatan di instansi. “Untuk sekarang, langkah yang kita ambil adalah menormalisasikan keuangan daerah dulu. Salah satu kebijakan yang kita ambil adalah mencoba melihat kembali kegiatan-kegiatan yang ada di dinas-dinas itu,” kata Tasman.

Lanjut Tasman, jika ada kegiatan dinas yang belum berjalan atau belum ada keterikatan sah dengan pihak lain dalam bentuk kontrak kerja sama, maka kegiatan tersebut sebaiknya dipending dulu. Hal itu jelasnya untuk menghindari munculnya utang baru daerah seperti yang terjadi tahun 2017. Sat itu, utang tahun 2017 dibayar menggunakan anggaran tahun ini. “Yang belum terkontrak stop dulu, karena biar juga jalan kita mau ambil uang dimana? Sedangkan utang kita di tahun 2017, 77 miliar rupiah yang harus kita selesaikan, kalau ada lagi kegiatan yang kita jalankan di 2018 maka akan jadi utang lagi di 2019. Jika ini terjadi, maka akan begitu terus. Maka dari itu kita stopkan dulu,” terangnya.

Ia menyebut jika tahun ini, keadaan keuangan daerah normal, tanpa ada utang yang harus dibayar, maka ditahun berikutnya, kegiatan dipastikan berjalan karena pemerintah tidak lagi memiliki beban. “Kita normalkan dulu, agar 2019 bisa berjalan normal, mudah mudahan ini bisa normal, karena beban kita 2018 ini memang sangat berat, karena saya datang dalam kondisi yang setengah mati,” tandasnya. (m4/c)

Click to comment

Leave a Reply

Your email address will not be published. Required fields are marked *

To Top