EKOBIS

Dibangun 2017, Pabrik Pengolahan Saos Belum Beroprasi

Kondisi Pabrik Saus di desa Lamedai Kecamatan Tanggetada. Foto : Dadang Kolaka Pos

KOLAKAPOS, Kolaka — Meski pembangunan pabrik pengolahan saus cabai di desa Lamedai kecamatan Tanggetada telah rampung sejak 2017 lalu. Namun hingga saat ini pabrik pengolahan saus tersebut belum dimanfaatkan oleh pemerintah Kabupaten Kolaka.

Mangun Ketua LSM Gerakan Rakyat Untuk Daerah (Garuda) Sultra, mengatakan miris dengan pembangunan yang telah dilakukan oleh Dinas Perindustrian dan Perdangan. Bangunan dengan anggaran ratusan juta tersebut hingga saat belum difungsikan, padalah menurut informasi yang ada bangunan tersebut dibangun sejak 2017 lalu.

“Saya mengetahui persis proses pembangunan pabrik saus tersebut. Namun yang aneh kenapa hingga saat ini belum juga di fungsikan. Ini menjadi pertanyaan besar,” ujar Mangun.

Lanjut ia mengatakan untuk lokasi pembangunan pabrik menurut mangun sudah cukup strategis, dimana kecamatan Tanggetada, Watubangga, Toari dan Polinggon adalah daerah yang memproduksi cabai.

“Kalau lokasi sangat cocok, namun sayangnya hingga saat ini belum difungsikan, padalah alat dan listrik semuanya telah tersedia di pabrik tersebut. Saya berharap dinas Perindag Kolaka secepatnya menfungsikan pabrik saus tersebut,” kata Mangun. (hud)

Click to comment

Leave a Reply

Your email address will not be published. Required fields are marked *

To Top