BERITA UTAMA

Jelang Idul Adha, Pencuri Sapi Berkeliaran

KOLAKAPOS, Raha — Jelang hari raya Idul Adha, peternak sapi di kabupaten Muna mulai “diteror” pencuri sapi. Beberapa warga desa Bungi kecamatan Kontunaga melaporkan hal tersebut.

Laode Fati mengungkapkan pada Sabtu (28/7) sekitar pukul 02.00 WITA dinihari, ternak sapinya yang berada di dalam kandang samping rumahnya, nyaris dicuri. Untungnya sapi-sapi itu berontak saat melihat gerakan manusia mendekati kandangnya. “Awalnya ada mobil open pulang balik di jalan dijam jam sudah tengah malam. Kemudian subuhnya sapi yang ada dikandang mengamuk lalu lompat dari kandang,” ucapnya pada Kolaka Pos saat ditemui di rumahnya akhir pekan kemarin.

Fati mengungkapkan, tidak hanya ternaknya pada malam itu, tetapi sapi milik tetangganyapun ikut meloncat keluar dari kandang. “Semua warga bangun, karena sapi kalau lihat orang malam-malam dikandang dia mengamuk. Tapi kami tidak sempat melihat itu pencuri,” katanya.

Lebih lanjut Ia mengatakan, pencurian sapi jelang lebaran Idul Adha meningkat, hal tersebut di sebabkan permintaan sapi pada hari raya meningkat. Olehnya itu ia meminta aparat polisi untuk memperketat pengamanan dan melakukan patroli keliling di desa-desa pada pukul 12.00 wita hingga pukul 3.00 wita dinihari. “Yang kami takutkan sama pencuri sapi ini, yakni ketika mereka melemparkan racun dalam kandang. Karena ketika mereka tidak bisa mengambil sapi hidup-hidup, mereka melemparkan racun. Peristiwa itu (meracun sapi, red) sering terjadi. Tiba-tiba saja sapinya masyarakat mati kemudian muncul pembeli sapi dengan menawarkan harga beli sapi dengan harga murah,” ungkapnya.

Warga lainnya, La Samsini mengatakan, pada malam itu (Sabtu, 28/7 dini hari. Red) Ia kaget karena sapi-sapinya membenrotak. “Tidak ada sapi yang dicuri. Tapi dengan kejadian ini, kami sudah tidak akan nyenyak lagi untuk tidur malam,” tandasnya. (m1/c)

Click to comment

Leave a Reply

Your email address will not be published. Required fields are marked *

To Top