KONAWE SELATAN

Lepas 85 Calhaj, Bupati Konsel Beri Bantuan Transportasi

Bupati Konsel H. Surunuddin Dangga saat memberikan sambutan pada pelepasan Calhaj. FOTO: Saprudin/Kolaka Pos

KOLAKAPOS, Andoolo — Bupati Konsel Surunuddin Dangga, melepas keberangkatan 85 Jamaah Calon Haji (Calhaj), asal Konsel tahun 1439 H/2018 masehi didampingi Wabup Konsel Arsalim Arifin, bertempat di Pendopo Rujab Bupati, Senin (30/7).
Pelepasan Calhaj tersebut, juga dihadiri Sekda Sjarif Sajang, Asisten Satu Bidang Pemerintahan dan Kesra Agusalim, ketua DPRD Irham Kalenggo, Kakandepag Adnan Saufi, unsur Forkopimda serta disaksikan para pimpinan OPD lingkup Pemda Konsel dan keluarga Calhaj yang ikut mendampingi.

“Keberangkatan para jamaah Calhaj ini merupakan awal dari rangkaian perjalanan haji dengan niat mengharap ridha Allah SWT, yang juga merupakan salah satu rukun Islam yang diwajibkan bagi yang mampu melaksanakannya dari segi ekonomi, kesehatan baik fisik dan mental disamping itu harus memenuhi persyaratan secara syariat maupun syarat yang ditetapkan pemerintah,” kata Bupati Konsel, Surunuddin Dangga mengawali sambutannya.

Lanjutnya, ibadah haji yang dilaksanakan hendaknya akan bermuara pada perubahan perilaku, tidak hanya baik untuk diri sendiri tetapi juga bagi orang lain, daerah, bangsa dan negara, dengan memahami hakikat dari ibadah haji itu sendiri yakni secara total yang tidak hanya melibatkan fisik semata, seperti tawaf dan sa’i tetapi juga ibadah bathin yaitu wukuf.

“Semua itu berakhir pada perjanjian kita kepadanya (sang pencipta, red) dengan berhenti dan meninggalkan segala sifat dan tabiat kita yang tidak baik,” imbuhnya.

Surunuddin juga berharap, keberangkatan ini selain fokus melaksanakan rukun haji juga dapat bertindak sebagai duta bangsa dan daerah, yang berbaur dengan berbagai suku bangsa dan umat Islam dari seluruh penjuru dunia, karena itu jagalah perilaku dan kebersamaan serta hormati tradisi yang dimiliki bangsa lain.

“Dan atas nama pribadi dan selaku pimpinan daerah berpesan untuk selalu menjaga kesehatan, berkoordinasi dengan paramedis yang bertugas apabila ada sesuatu hal yang mengganggu kesehatan, dan senantiasa mendoakan Konsel agar kemakmuran dan kesejahteraan rakyatnya bisa meningkat menuju Desa Maju Konsel Hebat Baldatun Toyibah Warabbun Ghafur, dan kami hanya membantu dengan iringan doa yang tulus dan ikhlas semoga seluruh Calhaj Konsel menjadi haji mabrur, aamiin,” pungkas Surunuddin.

Menurut Asisten I Bidang Pemerintahan dan Kesra Setda Konsel, Agusalim, dalam laporannya menyampaikan bahwa tahun ini jumlah Calhaj bila dibandingkan tahun lalu yang hanya berjumlah 67 jamaah mengalami kenaikan sejumlah 85 jamaah di tahun 2018, yakni 80 Jamaah Reguler Konsel dan ada 5 orang penggabungan mahram, dengan rincian 39 jamaah laki-laki dan perempuan 46 jamaah dengan sebaran usia berada pada kisaran usia 24 – 78 tahun, yang termuda berasal dari kelurahan Punggaluku, kecamatan Laeya, bernama Arifah Auliyatul Muslimah, dan yang tertua berasal dari desa Marga Cinta, kecamatan Moramo, dengan nama Pariah Binti Samparta.

“Selanjutanya dapat saya laporkan kepada Bupati, bahwa Insya Allah jamaah kita akan meninggalkan Konsel pada tanggal 3-8-2018 dan selanjutnya akan bergabung pada kloter 22 embarkasi Makasar, dan berangkat ke Jeddah pada tanggal 4-8-2018, dimana untuk sebagai penyemangat dan membantu mensukseskan kegiatan ini, sebelumnya kami sebagai panitia haji Konsel telah melakukan kegiatan manasik haji tingkat kabupaten dilanjutkan pada tingkat kecamatan, yaitu di kecamatan Laeya pada tanggal 25 juni 2018 yang dihadiri oleh Kakanwil Kemenag Provinsi Sultra dan Asisten I mewakili Pemda Konsel,” jelasnya.

Pada kesempatan tersebut, Bupati Konsel H. Surunuddin Dangga usai memberikan sambutan, langsung menyerahkan bantuan transportasi lokal berupa uang tunai kepada seluruh jamaah. (k5/c)

Click to comment

Leave a Reply

Your email address will not be published. Required fields are marked *

To Top