BERITA UTAMA

Koltim Jadi Pilot Project Pengembangan Kawasan Kakao Nasional

Dirjen Perkebunan Hortikultura Bambang Di Dampingi Bupati Koltim H Tony Herbiansyah Saat Meninjau Lokasi Pembibitan Kakao.

KOLAKAPOS, Tirawuta — Kolaka Timur dipilih Kementerian Pertanian menjadi lokasi pilot project pengembangan kakao nasional. Hal tersebut tidak lepas dari catatan menurunnya produktivitas kakao di Sultra. Koltim dipilih karena statusnya sebagai penghasil kakao terbesar di Sultra.

Dirjen Perkebunan Hortikultura Kementan, Bambang mengungkapkan, penetapan pilot project pengembangan kawasan kakao nasional merupakan program nasional yang bertujuan untuk meningkatkan produktivitas kakako dan membantu para petani. “Dimana program ini bertujuan untuk menghimpun ide, gagasan serta masukan berupa kebutuhan dari petani, apa yang sebenarnya yang dibutuhkan untuk daya saing Kakao di Koltim”, ungkapnya saat ditemui media ini usai menggelar pertemuan dengan para petani di desa Tinete, kecamatan Aere, Selasa (31/07).

Mantan Kadis Perkebunan dan Hortiukultura Sultra ini mengatakan program pengembangan kakao tidak akan sukses tanpa dukungan pemerintah daerah. Namun ia bersyukur karena selain Koltim diberkahi potensi untuk perproduktifitas kakao, juga mendapat dukungan dari bupati Tony Herbiansyah. ‘ Untuk tahun ini di Koltim ada 550 hektar persiapan pengembangan Kakao. Untuk alokasi dana dari Anggaran Pendapatan Belanja Negara (APBN) untuk pilot proyek ini sebesar Rp12 miliar khusus di Koltim,” terangnya.

Sementara itu, bupati Koltim Tony Herbiansyah, mengharapkan kepada masyarakat dalam hal ini para petani kakao, untuk berfikir global. Sebab kebutuhan kakao untuk dunia sangat tinggi. Sehingga tak ada lagi keraguan untuk terus mengembangkan tanaman kakao. ‘ Kita harapkan melalui program ini, produktifitas kakao terus meningkat setiap tahunnya, sehingga permintaan akan komoditi ekspor ini tidak akan habis. Kami targetkan Koltim kedepannya bisa menjadi penghasil kakao terbesar di Indonesia,” harapnya. (k9/c)

Click to comment

Leave a Reply

Your email address will not be published. Required fields are marked *

To Top