METRO KOLAKA

Penerbitan IMB Harus Penuhi Syarat

Bupati Kolaka, H Ahmad Safei (kanan) saat memberikan instruksi kepada pegawai di kantor DPM-PTSP, Selasa (30/7).Foto : Kaulia Ode/ Kolaka Pos

KOLAKAPOS, Kolaka–Bupati Kolaka, H Ahmad Safei menegaskan izin pendirian bangunan di sejumlah kawasan otaritanya akan lebih diperketat lagi. Kawasan perkantoran terutama dalam perkotaan tidak akan lagi diizinkan untuk digunakan sebagai tempat pendirian bangunan usaha. Karenanya, Bupati meminta kepada Dinas Penanaman Modal dan Pelayanan Terpadu Satu Pintu (DPM-PTSP) Kolaka sebagai instansi terkait agar lebih ketat melakukan pengawasan mengenai hal itu.

Safei mengungkapkan, penerbitan rekomendasi izin mendirikan bangunan (IMB) harus mengedepankan syarat tata terbit letak bangunan. “Izin itu tidak selalu hitungannya dengan uang. Tetapi izin itu dalam rangka penertiban, supaya pembangunan dilakukan dengan tertib. Kalau misalnya di kawasan tertentu adalah tempat perkantoran ya jangan diizinkan disitu membangun toko. Begitu pala di kawasan pemukiman jangan diizinkan industri masuk kesitu,” ujar Safei saat memantau sistem pelayanan di DPM-PTSP Kolaka, Selasa (31/7).

Dengan demikian, terang Safei, jika membangun sebuah tempat usaha maka harus memenuhi dulu syarat izinnya. Terutama syarat tata terbit letak bangunan yang akan dibangun. “Jangan dulu pikir uangnya, persoalan uangnya itu nanti belakangan,” tegasnya.

Orang nomor satu di Bumi Mekongga itu menambahkan, kesadaran warga Kolaka dalam mengurus syarat legalitas pendirian bangunan sudah tertanam dengan baik. Meski demikian, dia tak memungkiri bahwa hingga saat ini, masih ditemukan beberapa oknum warga Kolaka yang kurang menyadari bahwa membangun itu harus memiliki izin terlebih dahulu dari intansi terkait. “Jadi inilah yang perlu kita benahi dan terbitkan, bangunan tempat usaha yang sudah ada dan tidak sesaui tempatnya akan kita tinjau kembali untuk ditertibkan,” jelasnya.

Untuk diketahui, Bupati Kolaka Ahmad Safei bersama sejumlah pejabat teras Pemda Kolaka menyambangi kantor DPM-PTSP Kolaka untuk melakukan pemantauan sistem pelayanan dan sarana pendukung di intansi tersebut. Selain memberikan pemahaman mengenai pentingnya pelayanan prima kepada masyarakat, Safei juga memastikan pegawai yang bertugas di divisi masing-masing sudah melaksanakan tanggung jawab sesuai tupoksinya. (kal/c)

Click to comment

Leave a Reply

Your email address will not be published. Required fields are marked *

To Top