BERITA UTAMA

PT. VDNI Masih Belum Bayar IMB

Burhan Kepala Badan PMPTSP Konawe

KOLAKAPOS, Unaaha — Meski telah dilakukan pertemuan antara Pemkab Konawe dengan PT. Virtue Dragon Nickel Indistries (PT.VDNI) terkait pembayaran pajak Izin Mendirikan Bangunan (IMB), namun hingga kini belum ada pembayaran yang dilakukan perusahaan asal Tiongkok itu. Perusahaan beralasan masih melakukan sinkronisasi anggaran antara tim teknis Pemkab Konawe dengan tim teknis perusahaan terkait estimasi pajak yang dikeluarkan Pemkab Konawe.

Kepala Badan Penanaman Modal dan Pelayanan Terpadu Satu Pintu (PMPTSP) Konawe, Burhan mengatakan Pemkab telah mengestimasi pajak yang harus dibayar VDNI sebesar Rp20 miliar. Namun VDNI meminta harus dilakukan hitung ulang oleh tim ahli perusahaan. “Mereka juga punya tim ahli, jadi harus hati-hati juga kita. Dari Pemkab sendiri untuk estimasi pajak yang kami berikan sebesar Rp20 miliar, jumlah ini dalam bentuk estimasi jadi belum final. Makanya ada tim tehnis perusahaan yang ikut melakukan perhitungan. Bisa jadi Rp20 miliar ini berkurang atau mungkin lebih, tapi sepertinya akan berkurang,” Kata Burhan, Selasa (31/7).

Estimasi pajak Rp20 miliar itu kata Burhan meliputi bangunan di kawasan pabrik hingga jalan troling, termasuk pelabuhanbongkar muat. Ia menyebut, asal sifatnya membangun fisik, maka wajib dikenakan pajak IMB. “Jadi ditempat yang dibangun saja yang dikenakan pajak. Kalau kita ikut denah lokasinya, lebih dari Rp20 miliar, tapi kan hanya bangunannya saja yang harus dibayar pajaknya,” tambah Burhan.

Secara rinci, Burhan menyampaikan, pajak IMB ini meliputi pabrik, mess, kantor jalan troling dengan panjang 11 Kilo meter, kawasan pelabuhan, pembangit tenaga listrik dan bagunan-bangunan lainya yang berdiri di kawasan VDNI. “Jadi Undang-undang IMB itu menyebutkan hanya yang didirikan bangunan, seperti jalan troling, kalau masih tanah okelah, tapi ini kan sudah dibeton, jadi masuk kedalam pajak IMB, ini juga masih tarik menarik,” tuturnya. (m4/c)

Click to comment

Leave a Reply

Your email address will not be published. Required fields are marked *

To Top