BERITA UTAMA

Di Kolaka, Enam Partai Tidak Penuhi Kuota Caleg

ilustrasi/net

KOLAKAPOS, Kolaka — Proses pendaftaran Bakal Calon Anggota Legislatif Kabupaten Kolaka untuk Pemilu 2019 sudah memasuki tahapan verifikasi perbaikan daftar calon dan syarat. Dari daftar calon yang diajukan tersebut, ternyata enam partai tidak memenuhi kuota calegnya.

Keenam Partai tersebut yakni Partai Gerakan Perubahan Indonesia (Partai Garuda) yang menyodorkan hanya 26 bacaleg dari 30 kuota kursi. Partai baru itu tidak penuhi kuota calegnya di Dapil Kolaka 1 (Kecamatan Kolaka, Latambaga) yang hanya menyodorkan 6 bacaleg dari 9 Jatah Kursi. Begitu juga di dapil Kolaka 2 (meliputi Wundulako, Baula dan Pomalaa) hanya menyodorkan 8 bacaleg dari 9 Jatah Kursi.

Sementara partai baru lainnya yaitu Partai Berkarya, menjadi partai yang paling sedikit mengajukan bacalegnya. Dari daftar yang masuk hanya ada 6 bacaleg yang diajukan partai besutan Tomy Soeharto ini dari 30 kuota Kursi di DPRD Kolaka. Partai ini hanya mengajukan bacalegnya di satu dapil dari empat dapil yang ada di Kolaka. Bahkan Partai Berkarya hanya mengajukan 6 Bacalegnya di Dapil Kolaka 1 (Meliputi Kecamatan Kolaka dan Latambaga) dari 9 kuota kursi yang ada.

Partai Persatuan Pembangunan (PPP) pun juga masuk dalam partai yang tidak penuhi kuota calegnya. Dalam pengajuan bacaleg, PPP hanya menyodorkan 29 calegnya dari 30 kuota kursi yang ada. Di dapil Kolaka 4 (meliputi Kecamatan Samturu, Iwoimenda dan Wolo) PPP hanya menyodorkan 5 bacalegnya dari 6 jatah kursi yang ada.

Partai Solidaritas Indonesia (PSI), yang merupakan partai baru, juga hanya menyodor 20 bacaleg dari 30 kuota Kursi yang ada. Di Dapil Kolaka 1 (Meliputi Kecamatan Kolaka dan latambaga) , Partai besutan Grace Natalie ini hanya menyodor 8 bacalegnya dari 9 Kuota yang ada, sedangkan di dapil Kolaka 2 (meliputi Kecamatan Wundulako, Baula dan Pomalaa) PSI juga hanya menyodor 5 Bacalegnya dari 9 kursi yang ada, di dapil Kolaka 3 (Meliputi Kecamatan Tanggetada, Polinggona, Toari dan Watubangga) pun PSI hanya menyodor 3 bacalegnya dari 6 kuota Kursi yang ada. Bahkan di Dapil Kolaka 4 (Meliputi Kecamatan Samaturu, Wolo, Iwoimenda) PSI juga kekurangan 2 kuota yang hanya menyodor 4 bacaleg dari 6 kursi yang ada.

Partai Demokrat juga menjadi partai yang tidak penuhi kuota calegnya dalam pengajuan daftar caleg untuk pemilu 2019 di Kolaka. Tecatat hanya 25 bacaleg yang disodor Partai besutan SBY ini dari 30 kuota kursi yang ada. Di dapil Kolaka 1, Partai Demokrat hanya menyodorkan 7 bacalegnya dari 9 kuota, begitu juga di dapil Kolaka 2, Demokrat juga hanya menyodor 7 bacalegnya dari 9 kuota kursi. Di dapil Kolaka 3 juga, Partai Demokrat hanya menyodor 5 bacalegnya dari 6 kuota yang ada.

Sedangkan Partai Keadilan dan Persatuan Indonesia (PKPI) juga tercatat sebagai partai yang tidak penuhi kuota calegnya di Kolaka. Hanya 15 bacaleg yang disodor PKPI dalam pemilu legislatif kali ini. Di dapil Kolaka 1, PKPI bahkan tidak menyodorkan satu bacalegnya pun di dapil Kolaka 1. Di Dapil Kolaka 2, PKPI hanya menyodorkan 5 Bacaleg dari 9 kuota, Di dapil Kolaka 3, PKPI juga hanya menyodor 5 bacalegnya dari 6 kuota, begitu juga di dapil Kolaka 4, PKPI hanya menyodor 5 Bacaleg dari 6 kuota.

Komisioner KPU Kolaka, Aidil Adha jug menyatakan, saat ini pihaknya masih melakukan verifikasi perbaikan daftar calon dan syarat-sayaratnya sebelum ditetapkan menjadi Daftar Calon Sementara (DCS). “Iya, ada 6 partai yang mengajukan bakal calonya itu tidak full sesuai kuota kursi yang ada ditiap dapilnya, kebanyakan partai baru tetapi ada juga partai lama,” terang Aidil Adha, Komisoner KPU Kolaka, kemarin (1/8).

Untuk diketahui ada 421 bacaleg dari 16 paprol yang diajukan untuk pemilu 2019 ini yang sementara dilakukan verifikasi oleh KPUD Kolaka. (mir/b)

Click to comment

Leave a Reply

Your email address will not be published. Required fields are marked *

To Top