BERITA UTAMA

Hari Ini KPK Masuk Kolaka

KOLAKAPOS, Kolaka — Setelah Konawe, hari ini Komisi Pemberantasan Korupsi akan menyambangi Kolaka. Komisi anti rasuah itu akan melakukan monitoring dan evaluasi (Monev) pemberantasan korupsi terintegrasi. Hal itu diungkapkan Bupati Kolaka, Ahmad Safei didampingi ketua DPRD Kolaka, Parmin Dasir kepada Kolaka Pos usai membuka acara pencanangan imunisasi campak dan Rubella di SMPN 1 Kolaka, kemarin (1/8).

Safei mengatakan, kedatangan KPK di Kolaka sebagai bentuk tindak lanjut terkait hasil pertemuan pimpinan KPK dengan pemerintah pusat mengenai perihal Monev atau pencegahan terjadinya korupsi. “Jadi yang datang ini bukan untuk penindakan, tetapi ini bidang pencegahan. Mereka akan melakukan pertemuan dan pemantauan di kantor perizinan terpadu, ULP dan LPSE. KPK akan membetulkan apa tidak betul disitu, mereka akan mengajarkan kita bahwa begini caranya yang baik,” ujarnya.

Pada pertemuan itu, terang Safei, KPK hanya mengundang beberapa Satuan Kerja Perangkat Daerah (SKPD) di lingkup Pemda Kolaka. Meski demikian, pasangan Muhammad Jayadin ini mengharapkan semua SKPD ikut menghadiri pertemuan terbatas itu. “Besok (hari ini, red) itu yang diharapkan hanya 10 SKPD, tetapi saya mengundang semua SKPD untuk datang dan dapat mendengarkan apa yang disampaikan soal pencegahan itu,” jelasnya.

“Jadi ini tidak ada hubungannya dengan (penindakan), jangan pikiran kita kemana-mana lah, yang datang ini pencegahan bukan penindakkan. Justru kita sangat bersyukur di Kolaka ini ada yang datang untuk memberikan pengetahuan seperti apa ini yang harus kita kerjakan,” tambah Safei.

Sementara itu, berdasarkan informasi yang diperoleh Kolaka Pos dari Kasubag Humas Pemda Kolaka, Kasbi Dara yang dikirimkan melalui WhatsApp, Selasa (31/7), dikatakan bahwa Pukul 08.00 hingga 10.00 Wita tim KPK akan mengunjungi kantor PTSP, ULP dan LPSE Kolaka. Setelah itu mereka akan bergeser ke kantor bupati Kolaka untuk melakukan Monev dan validasi MCP hingga pukul 16.00 Wita. Dalam suratnya kepada Bupati Kolaka, Deputi Bidang Pencegahan KPK, Pahala Nainggolan meminta agar kegiatan ini dihadiri oleh bupati dan wakil bupati Kolaka, Sekda dan Sekwan, kepala Inspektorat, ketua BAPPEDA, kepala BPKAD, Diskominfo, Kepala Badan Berizinan, kepala ULP dan kepala LPSE, kepala BPMD, kepala BKD dan admin MCP. (kal/b)

Click to comment

Leave a Reply

Your email address will not be published. Required fields are marked *

To Top