BERITA UTAMA

JCH Tertua Sultra Berasal dari Kolaka

Bandara saniban, haji tertua ibe (inset)

Berusia 95 Tahun, Dikawal Panitia

KOLAKAPOS, Kolaka–Dalam beberapa hari ke depan, Jemaah Calon Haji (JCH) asal Sultra akan melaksanakan ibadah haji di tanah suci Mekkah. Termasuk di dalamnya JCH Kolaka sejumlah 290. Diantaranya yakni Ibbe Petta Tipe Makkajoa, yang merupakan Jemaah Calon Haji tertua di rombongan JCH Sultra.

Ibbe Petta saat ini tercatat berusia 95 tahun 6 bulan. Dia berasal dari desa Konaweeha Kecamatan Samaturu Kabupaten Kolaka. Hal itu diungkapkan Kepala Seksi Penyelenggara Haji Kementrian Agama Kolaka, Alimuddin. “Iya benar tertua di Kolaka bahkan tertua se Sulawesi Tenggara,” papar Alimuddin, Rabu (1/8).

Alimuddin menjelaskan, Ibbe Petta terdaftar sebagai calon haji tahun ini setelah mendaftar haji reguler tujuh tahun silam. Ia mendapat keistimewaan untuk diberangkatkan lebih dahulu karena masuk dalam kategori lanjut usia. “Sebenarnya kalau reguler dan umurnya masih muda, belum bisa masuk,” jelasnya.

Karena usianya itu juga, lanjut Alimuddin, panitia akan memberikan pengawalan ekstra untuk memonitoring kondisi fisik dan kesehatannya dalam menjalankan ibadah haji. “Iya dikawal panitia, didampingi tim kesehatan, jadi ada pendampingnya termasuk ketua kloternya juga,” ungkapnya.

Pemberangkatan Ibbe Petta Tipe Makkajoa kata Alimuddin dijadwalkan pada tanggal 3 Agustus 2018 melalui bandara Sangia Ni Bandera Kolaka menuju embarkasi Makassar. Sedangkan jamaah haji termuda untuk Kabupaten Kolaka, Kata Alimuddin adalah Jamaah haji asal Kecamatan Pomalaa atas Nama Emilia yang berumur 22 tahun.

Untuk diketahui, ada 290 jamaah haji asal Kolaka yang akan diberangkatakan mulai hari ini (2/) dan besok (3/8) melalui Bandara Sangia Ni Bandera Kolaka menuju Embarkasi Makassar. Jamaah haji Kolaka tersebut masuk dalam Kelompok Terbang (Kloter) 23 UPG bersama rombongan jamaah haji asal kabupaten Muna. (mir/c)

Click to comment

Leave a Reply

Your email address will not be published. Required fields are marked *

To Top