KOLAKA TIMUR

92 JCH Koltim Diberangkatkan

Suasana pelepasan 92 CJH Koltim yang dilakukan oleh Pemda Koltim di Aula kantor camat Tirawuta. FOTO: Neno/Kolaka Pos

KOLAKAPOS, Tirawuta — Pemerintah daerah Kolaka Timur (Pemda Koltim) melepas 92 Jamaah Calon Haji (JCH) asal Koltim, yang tergabung dalam kloter 21 embarkasi Makassar. Pelepasan JCH Koltim dipusatkan di aula kantor kecamatan Tirawuta, yang dihadiri wakil bupati Koltim Andi Merya Nur, ketua DPRD Koltim Rahmatia Lukman dan pimpinan organisasi perangkat daerah (OPD) Kamis (2/8).

Pelaksana Harian (Plh) Sekda Koltim Eko Santoso dalam sambutannya mengatakan, JCH asal koltim tergabung dalam kloter 21, dan akan bergabung dengan kloter lainnya dari Sulawesi Tenggara (Sultra) di embarkasi Haji Sudiang Makassar, sebelum melanjutkan perjalanan ke tanah suci.

“Saya berharap agar tetap menjaga kekompakan antara sesama jamaah, khususnya jamaah dari Koltim. Sehingga tidak ada yang terpisah atau hilang pada saat pelaksanaan ibadah haji berlangsung,” katanya.

Dalam pelepasan JCH kata Eko, Pemda Koltim telah menyiapkan tenaga pendamping yang akan selalu bertugas mendampingi jamaah, sehingga diharapkan adanya komunikasi dan koordinasi yang baik antara petugas pendamping dan jamaah.

“Tentunya kita berharap agar para jamaah dapat beribadah dengan khusyu, sehingga dapat pulang dengan gelar haji yang mabrur, serta senantiasa mendapat rahmat dan hidayah dari Allah,” harapnya.

Sementara itu, panitia penyelenggaraan haji dan umroh kantor Kementerian Agama (Kemenag) Koltim Umar Jabbar Siddiq dalam laporannya menyampaikan, rombongan JCH Koltim akan berangkat menuju Bandara Halu Oleo Kendari, kemudian akan transit satu malam di asrama haji Sudiang Makassar. Pada hari Jum’at, 3 Agusutus dan akan diterima secara resmi oleh panitia penyelengara ibadah haji (PPIH) Embarkasi Makassar.

“Keberangkatan JCH asal Sultra akan diberangkatkan dalam lima jadwal penerbangan. Untuk Koltim akan diterbangkan pada penerbangan gelombang ke dua, Sabtu 4 Agustus, pukul 01.55 menuju bandara King Abdul Azis Jeddah,” ungkapnya.
Umar juga merincikan, total jamaah haji tahun ini berjumlah 92 orang. Terdiri dari 40 laki-laki dan 52 perempuan. Sedangkan untuk JCH termuda berasal dari kecamatan Dangia, yaitu Umar Bin Arkam (21) dan Arisal Bin Sudirman (21). Dan JCH tertua dari kecamatan Lambandia yaitu Midin Binti Galla Jama (83).

“Untuk jadwal kepulangan jamaah haji Koltim yang tergabung dalam kloter 21, rencananya akan tiba di tanah air pada hari Sabtu, 15 September 2018, pukul 01.50 dini hari. Dan akan kembali ke daerah asal pada 15 September,” tutupnya. (k9/c)

Click to comment

Leave a Reply

Your email address will not be published. Required fields are marked *

To Top