KONAWE SELATAN

Pemda Konsel Peringatan Hari Anak Nasional

Bupati Konsel H. Surunuddin Dangga saat memperingati HAN, sekaligus membuka kegiatan Porseni dalam rangka memeriahkan HUT RI ke-73. FOTO: Sapruddin/Kolaka Pos

KOLAKAPOS, Andoolo — Pemerintah Daerah (Pemda) Kabupaten Konawe Selatan (Konsel), memperingati Hari Anak Nasional (HAN) yang dibuka oleh Bupati Konsel, H. Surunuddin Dangga didampingi Wabup Dr. H. Arsalim Arifin, Sekda Ir. H. Sjarif Sajang, bertempat di Stadion Lababa Silondae, Jumat (10/8).

Peringatan HAN Tahun ini, secara nasional mengambil tema “GENIUS” Gesit, Empati, Berani, Unggul dan Sehat, yang dirangkaikan dengan pembukaan kegiatan Porseni tingkat Kabupaten Konsel, dalam rangka memeriahkan HUT Kemerdekaan RI  ke 73, diikuti oleh seluruh TK/PAUD, SMP, dan OPD Lingkup Pemda Konsel.

Bupati Konsel H. Surunuddin Dangga menyampaikan selamat memperingati HAN kepada seluruh anak, diseluruh pelosok wilayah Konsel. Ini membuktikan bahwa Pemerintah sangat peduli terhadap anak bangsa yang merupakan generasi genius, bermartabat, dan budi pekerti luhur cerdas serta berkepribadian, yang juga sebagai harapan penerus perjuangan bangsa.

“Saya juga mengucapkan terima kasih kepada orang tua, tenaga pendidik yang tiada henti-hentinya memberikan arahan dan bimbingan kepada anak-anak kita, sehingga tumbuh dan berkembang menjadi anak harapan bangsa,” tutur Surunuddin.

Yang mana sesuai amanat UU 1945, lanjut Surunuddin, bahwa setiap anak memiliki hak untuk kelangsungan hidup, tumbuh dan berkembang serta hak untuk mendapatkan perlindungan dari segala bentuk kekerasan, eksploitasi dan diskriminasi, disamping itu anak memiliki hak memperoleh standar kesehatan dan perawatan sebaik-baiknya, serta hak berpartisipasi dan menyatakan pendapat.

“Oleh karena itu, salah satu rangkaian acaranya adalah mendengarkan suara anak Indonesia, yang mana Pemda Konsel juga siap mendengar apa kata dan keinginan mereka untuk kita serap dan laksanakan, sehingga kita sebagai orang tua mari berikan kesempatan kepada anak kita untuk mengisi masanya, dengan suka cita dan kesempatan berekpresi dalam mencari jati diri dan penuhi hak-hak mereka,” paparnya.

Lebih lanjut dikatakannya, pihaknya menitipkan harapan agar belajar lebih sungguh-sungguh, dengarkan nasehat oramg tua dan guru, yang terpenting jangan terpengaruh kepada hal-hal yang sifatnya negatif seperti Narkoba, tawuran atau kegiatan lainnya, yang dapat merugikan diri sendiri dan masa depan kalian, yang mana sebanyak 106.580 jiwa anak di Konsel merupakan salah satu asset termahal, yang juga kekuatan dan harapan besar. karena mereka inilah generasi pemegang estafet pelanjut cita-cita bangsa.

“Jadi saya himbau kepada OPD yang terkait dengan pendidikan, agar kiranya ada prioritas khusus bagi perkembangan dan kemajuan pendidikan, sarana, dan prasarana pendukung lainnya serta layani hak-hak mereka,” pesannya.

Sementara itu penanggung jawab kegiatan HAN dan Porseni Tingkat Kabupaten Konsel, Asisten Satu Setda Bidang Pemerintahan dan Kesra, Ir. H. Agusalim, M.Si mengatakan bahwa adapun jenis kegiatan yang di perlombakan adalah olaharaga bulu tangkis, tenes meja, bola gotong antar OPD, dan vocal grup tingkat SMP, musik bambu tingkat SD, lomba baca puisi tingkat Taman Kanak-Kanak ( TK), lomba putri tenun tingkat dewasa 2018, yang diharapkan menjadi pemandu wisata Konsel.

Untuk diketahui, pada kesempatan tersebut, Bupati Konsel menandatangani prasasti pencanangan sebagai Kabupaten Layak Anak dan prasasti Gedung Rumah Singgah Pusat Pelayanan Terpadu Pemberdayaan Perempuan dan Anak. (K5/b)

Click to comment

Leave a Reply

Your email address will not be published. Required fields are marked *

To Top