BERITA UTAMA

LSM Pemeras Kepala Desa Ditangkap Polisi

KOLAKAPOS, Unaaha — . Kasus pemerasan yang diduga d lakukan oleh oknum Lembaga Swadaya Masyarakat (LSM) kembali terjadi, kali ini korbanya merupakan seorang kepala desa Galu, Kecamatan Anggalomoare, Kabupaten Konawe. Ketiga oknum LSM antaranya Iskandar Rapi (52) Alias (51) dan Surahman Hamidi (32) yang kini telah di ringkus polisi usai menerima uang.

Ketiga pelaku melakukan pemerasan dengan cara menakut-nakuti kepala desa Galu akan dugaan penyalah gunaan anggaran Dana Desa (DD) terkait proyek sumur bor di desa Galu dan akan di laporkan ke Polda Sultra. Agar laporan tersebut tidak sampai ke polda maka kadesa Galu diminta menyetorkan uang sebesar Rp. 5 juta.

” Ketiganya adalah pengurus LSM jaringan pendamping kebijakan pembangunan yang terlibat dalam pemerasan terhadap Irmawati kepala desa Galu, agar laporan dugaan penyelewengan anggaran tidak sampai di laporkan maka Iskandar Rafi memberikan isyarat agar kepala desa memberikan uang sebesar Rp. 5 Juta. Permintaan itu di iyakan Kepala desa,” Kata Kapolsek Sampara, Ipda Noufaldri Widyatama.

Setelah ada kesepakatan antara kadesa dan oknum LSM, Irmawati lantas melaporkan kejadian tersebut ke polsek Sampara, dari laporan tersebut polisi bekerja sama dengan kades untuk melakukan pertemuan di kendari tepatnya disalah satu warung kopi pada minggu (12/8), sekitar pukul 18:00 Wita, pertemuan tersebut untuk menyetorkan uang yang diminta oknum LSM ke kepala desa Irmawati.

Polisi dan kepala desa Galu yang tiba di kendari langsung di arahkan oleh oknum LSM untuk bertemu di salah satu warkop, pertemuan singkat itu kepala desa hanya memberikan uang yang di minta dan langsung menuju kendaraan setelah kades berada di dalam mobil anggota yang bersama kades langsung turun dan menangkap para pemeras kepala desa.

” Setelah uang diberikan, anggota langsung meringkus ketiga pelaku dan mengamankan ke polsek mandonga dengan barang bukti uang senilai Rp. 5 juta, idcard Pers, dompet dan handpone,” tuturnya.(m4/b/hen)

Click to comment

Leave a Reply

Your email address will not be published. Required fields are marked *

To Top