MUNA

Ratusan Barisan Gerak Jalan Meriahkan HUT RI di Muna

Barisan gerak jalan Dinas Pendidikan Muna, asuhan Kadis Pendidikan dan Kebudayaan, Ashar Dulu tampil dengan gaya modis dilengkapi asesoris topi fedora. FOTO: Ahmad/Kolaka Pos

KOLAKAPOS, Raha — Tercatat 600 kelompok barisan gerak jalan di kota Raha, kabupaten Muna, ikut memeriahkan Hari Ulang Tahun Republik Indonesia (HUT RI) ke-73. Ratusan barisan peserta lomba gerak jalan tersebut mulai dari tingkat pelajar SD, SMP, SMA sederajat, mahasiswa, masyarakat umum, instansi vertikal, BUMD, BUMN hingga barisan Polres Muna hingga drum band.

Kepala Dinas Pemuda dan Olahraga, sekaligus sebagai ketua panitia kegiatan, Laode Lukman mengatakan, kegiatan tersebut mulai dilakukan sejak Jumat (10/8) dan akan berakhir Rabu (15/8) malam. “Dimulai dari lomba gerak jalan cepat, gerak jalan indah dan malam ini akan dilangsungkan gerak jalan santai try lomba juang yang diikuti delapan regu dengan melintasi kecamatan, Katobu, Duruka, Kontunaga dan Watopute dengan jarak 45 kilometer,” ungkapnya.

Menurutnya, lomba gerak jalan merupakan kegiatan rutinitas setiap tahun dalam rangka memeriahkan perayaan HUT RI. Tujuannya adalah untuk membangkitkan semangat masyarakat Muna dihari kemerdekaan supaya terus menjaga persatuan dan kesatuan bangsa.

“Dalam konsepnya adalah lomba, namun pada prinsipnya hal itu bukanlah tujuan utama. Tujuan utamanya adalah nilai-nilai semangat juang 45, semangat persatuan dan kesatuan khususnya untuk pemuda dan pemudi generasi penerus kabupaten Muna,” tandasnya.

Sementara itu, pantauan Kolaka Pos siang itu, lomba yang diikuti ratusan kelompok barisan ini dilepas Bupati Muna, LM Rusman Emba dan Wakil Bupati, Abdul Malik Ditu dipanggung kehormatan halaman gedung Galampano jalan Bypas kota Raha. Ratusan kelompok gerak jalan indah tersebut akan terus berjalan hingga ke garis finis yakni di alun-alun kota Raha. Ribuan masyarakat Muna memadati sepanjang jalan yang dilewati oleh barisan gerak jalan ini. (m1/c)

Click to comment

Leave a Reply

Your email address will not be published. Required fields are marked *

To Top