METRO KOLAKA

80 Paskibra Kolaka Siap Emban Tugas Negara

Gladi upacara HUT RI ke 73 di Alun-alun 19 November Kolaka, Rabu (15/8). Mewakili bupati Kolaka, tampak Kabag Humas dan Protokol Pemda Kolaka, Amri Jamaluddin (kiri) bertindak sebagai Inspektur Upacara (Irup) pada gladi tersebut. Foto : Kaulia Ode/ Kolaka Pos

KOLAKAPOS, Kolaka — Sebanyak 80 pelajar didaulat menjadi peserta Pasukan Pengibar Bendera Pusaka (Paskibraka) pada upacara peringatan HUT RI ke-73 di kabupaten Kolaka, Jumat (17/8) besok. Peserta Paskibraka tersebut berasal dari siswa SMU, SMK serta Madrasah Aliyah se kabupaten Kolaka. Mereka ditetapkan sebagai peserta setelah sebelumnya melalui proses seleksi yang sangat ketat.

Koordinator pelatih Paskibraka Kolaka, AKP Gazali Yusuf mengatakan, 80 peserta tersebut diperoleh setelah tim panitia seleksi yang berasal dari Pemda Kolaka, Kodim 1412 dan Polres Kolaka melaksanakan seleksi anggota Paskibraka di sejumlah sekolah sejak 20 Juli lalu. Dari seleksi di tingkat sekolah itu, tim seleksi memperoleh sebanyak 250 calon peserta yang kemudian diseleksi lagi di tingkat kabupaten. “Kami seleksi ulang di lapangan Alun-alun 19 November ini, untuk keterwakilan beberapa sekolah hingga diperoleh 80 peserta,” ujar Kapolsek Pomalaa itu, usai melakukan pelatihan kepada 80 peserta Paskibraka di Alun-alun 19 November Kolaka, kemarin (15/8).

Eks Kasat Narkoba Polres Kolaka itu juga mengatakan, hingga kemarin pihaknya masih terus memantapkan formasi
Paskibra kabupaten Kolaka. Paskibra akan bertugas mengibarkan bendera merah putih pada upacara detik-detik proklamasi pada 17 Agustus 2017 besok pagi dan upacara penurunan bendera pada sore harinya. “Peserta terbagi dua peleton, untuk pengibaran dan penurunan bendera. Sejak awal Agustus lalu sampai hari ini kita masih betul-betul maksimalkan latihan untuk mempermantap formasi,” ujarnya.

Ditempat yang sama, Kabag Humas Pemda Kolaka, Amri Jamaluddin mengatakan para siswa-siswi pilihan tersebut akan dikukuhkan sebagai peserta Paskibraka upacara peringatan HUT Kemerdekaan RI tahun 2018. Kata Amri, pengukuhan itu akan dilakukan langsung Bupati Kolaka, Ahmad Safei di Rujab Bupati Kolaka pada Rabu (15/8) malam. “Para Paskibraka akan mengemban tugas mulia dan menjadi suri teladan di tengah masyarakat,” ujar Amri usai menjadi Irup pada gladi upacara HUT RI ke 73 di Alun-alun 19 November Kolaka, kemarin (15/8).

Amri menambahkan, semarak HUT Kemerdekaan tahun ini lebih meriah dan berbeda dengan tahun sebelumnya. Sebab, terang dia, tahun ini bertepatan dengan ajang Asian Games, dimana Indonesia didaulat sebagai tuan rumah. “Di Kolaka sendiri sangat berbeda semaraknya, seperti kita lihat banyak kegiatan lomba yang secara tidak langsung turut mensoasilasilan ajang Asian Games, termasuk baliho HUT RI yang dipasang itu juga menampilkan logo Asian Games. Yah, tahun ini lebih semarak lah dibanding tahun-tahun sebelumnya,” ujar Amri.

Ia mengungkapkan beberapa kegiatan atau lomba yang digelar Pemda Kolaka tahun ini dan tidak dilakukan pada tahun sebelumnya, diantaranya lomba fotografi dan bakti sosial yang gelar Humas dan Protokol Pemda Kolaka. (kal)

Click to comment

Leave a Reply

Your email address will not be published. Required fields are marked *

To Top