BERITA UTAMA

Dr. Azhari, Rektor USN Kolaka : Mahasiswa USN Dituntut Siap Hadapi Revolusi Industri 4.0

Upacara peringatan Hari Ulang Tahun (HUT) Kemerdekaan Republik Indonesia ke-73 di kampus USN Kolaka, Jumat (17/8). Foto : Ist/ Kolaka Pos

KOLAKAPOS, Kolaka — Rektor Universitas Sembilanbelas November (USN) Kolaka, Dr Azhari mengimbau seluruh civitas akademika, khususnya para mahasiswa agar lebih mempersiapkan diri dalam menghadapi tantangan di era revolusi industri 4.0 ini.

Mahasiswa ditantang agar memiliki jiwa kewirausahaan untuk menciptakan lapangan kerja baru di era revolusi industri 4.0 ini. “Ke depan kita masih harus bergulat untuk mengatasi banyak tantangan, diantaranya pemberantasan korupsi, penguatan daya saing serta revolusi industri 4.0. Tantangan ini tidak boleh menjadi aral semangat, karena harus yakin sepanjang kita bersatu, bergotong royong, dan bersungguh-sungguh untuk bekerja keras, bekerja cerdas dan bekerja amanah pada bidang masing-masing, maka kita akan mampu menjawab tantangan ini, ” kata Azhari dalam sambutannya saat upacara peringatan HUT RI ke-73 di pelataran rektorat USN, Jumat (17/8).

Azhari mengungkapkan, menghadapi revolusi industri 4.0, mahasiswa dituntut tidak hanya menggunakan literasi lama yang hanya mengandalkan baca, tulis, dan matematika. Tetapi, harus diperkuat dengan literasi baru yaitu literasi data, literasi teknologi dan literasi manusia.

Literasi data, terang Azhari, merupakan kemampuan mahasiswa untuk membaca, mengalisis dan menggunakan informasi dari Big Data dalam dunia digital. Kemudian, literasi teknologi merupakan kemampuan mahasiswa untuk memahami sistem mekanika dalam dunia kerja, seperti coding dan artifical aintelligence (kecerdasan buatan) serta prinsip-prinsip teknik rekayasa. Sedangkan, literasi manusia adalah sisi kemanusiaan, komunikasi dan desain kreatif. “Ketiga literasi baru ini perlu dikuasai oleh semua lulusan perguruan tinggi di Indonesia, termasuk USN Kolaka,” jelasnya.

Untuk menanamkan literasi itu, tambah rektor PTN termuda se Indonesia itu, para dosen, guru, maupun tenaga kependidikan juga harus meningkatkan kualitasnya, terutama skil kepemimpinan dan kerjasama tim, serta mampu beradaptasi dengan teknologi baru dan tantangan global. “Dengan penguatan ini, saya yakin kita mampu melewati tantangan revolusi industri 4.0 dan Indonesia menjadi salah satu negara yang memiliki daya saing tinggi,” ujarnya.

Pantauan Kolaka Pos, upacara peringatan HUT Kemerdekaan RI ke 73 di kampus Merah Maron (sebutan lain USN Kolaka) itu berlangsung sederhana namun khidmat. Upacara diikuti ratusan civitas akademika dan pegawai lingkup USN. Usai upacara, Rektor bersama civitas menggelar acara potong tumpeng sebagai wujud syukur atas peringatan HUT Kemerdekaan tahun ini. (kal/hen)

Click to comment

Leave a Reply

Your email address will not be published. Required fields are marked *

To Top