BERITA UTAMA

Abbas, Kepala Rutan Kelas IIB Kolaka : Tak Ada Fasilitas Mewah di Rutan Kolaka

KOLAKAPOS, Kolaka — Terungkapnya fasilitas mewah di Lembaga Pemasyarakatan (Lapas) Sukamiskin belum lama ini, membuat lapas atau Rumah Tahanan (Rutan) lainnya yang ada di beberapa daerah di Indonesia menjadi perhatian publik. Sebab, jangan sampai ada Nara Pidana (Napi) yang mendapatkan fasilitas mewah serupa. Namun ternyata, fasilitas mewah kepada Napi tidak berlaku di Rutan Kelas IIB Kolaka.

Kepala Rutan Kelas IIB Kolaka Abbas mengatakan, masyarakat tidak perlu khawatir terkait adanya fasilitas mewah yang diberikan kepada Napi. Sebab, untuk Rutan Kelas II B Kolaka tidak memberlakukan hal tersebut. Melainkan, semua Napi yang berada di Rutan Kolaka, telah mendapatkan perlakuan yang sama. Baik itu kepada mereka yang merupakan Napi Korupsi maupun lainnya. “Tidak ada perbedaan serta fasilitas yang diberikan kepada Napi. Kerena, semuanya dicampur,” ungkapnya saat ditemui diruang kerjanya pada akhir pekan kemarin oleh wartawan Koran ini.

Ia juga mengatakan, antara Rutan Sukasmiskin dan Rutan Kelas IIB Kolaka mengalami perbedaan yang sangat siginifikan. Salah satunya katanya, kalau Rutan Sukamiskin didalamnya terdapat kamar. Beda dengan Rutan Kelas IIB Kolaka. “Kita disini tidak ada kamar. Melainkan blok semuanya, sehingga semuanya los mendapatkan perlakuan yang sama,” jelasnya.

Ia juga mengatakan, semua Napi yang ada di Rutan Kelas IIB Kolaka saat ini, berasal dari tiga Kabupaten yang ada di Sulawesi Tenggara. Yakni, Kabupaten Kolaka Utara, Kolaka Timur dan Kabupaten Kolaka. Selain itu katanya, pihaknya juga saat ini sudah over kapasitas. Karena, jumlah tahanan lebih banyak bila dibandingkan dengan ruangan yang ada. Hala ini juga katanya, pihanya sudah menyampaikannya untuk dicarikan solusi. Namun ternyata, hampir semua Rutan yang ada, saat ini daya tampungnya juga sudah melebihi kapasitas.

“Normalnya hanya belasan orang untuk menempati satu los. Ini sekarang telah dihuni tiga sampai empat puluhan orang setiap losnya,” tutupnya. (ing/hen)

Click to comment

Leave a Reply

Your email address will not be published. Required fields are marked *

To Top