KONAWE SELATAN

Anggota Pramuka Diminta Tanamkan Satya dan Dharma di Hati

Surunuddin Dangga saat membacakan sambutan Ketua Gerakan Pramuka Kwartir Nasional (Kwarnas) Dr. Adyaksa Dault, SH.,M.Si di Pelataran Rujab Bupati Konse. FOTO: Sapruddin/Kolaka Pos

KOLAKAPOS, ANDOOLO–Memperingati hari Pramuka ke 57 Tahun 2018, Pemerintah Kabupaten Konawe Selatan (Konsel) menggelar apel besar gerakan Pramuka. Kegiatan yang dibuka Bupati Konsel H. Surunuddin Dangga di halaman pendopo Rujab Bupati, Sabtu (18/8).

Bertindak sebagai pembina pada apel tersebut, Surunuddin Dangga membacakan sambutan Ketua Gerakan Pramuka Kwartir Nasional (Kwarnas) Dr. Adyaksa Dault yang menyampaikan selamat hari Pramuka bagi segenap jajaran dan keluarga besar gerakan Pramuka diseluruh Indonesia dan perwakilan di luar negeri, yang juga merupakan garda terdepan perekat persatuan dan kesatuan bangsa.

“Pendidikan kepramukaan yang mendasarkan pada satya dan dharma Pramuka, harus benar-benar tertanam dalam hati setiap insan Pramuka, sebagai pedoman bersikap dan berperilaku, juga sebagai wadah pendidikan karakter kaum muda dan calon pemimpin masa depan bangsa,” ungkapnya.

Ia mengungkapkan, dalam konteks Indonesia, gerakan Pramuka menjadi “rumah kita bersama”, yang terdiri dari sekat-sekat kamar yang didalamnya telah diisi partai politik dan suku-suku serta golongan yang ada di Indonesia. Untuk itulah gerakan Pramuka kali ini mengangkat tema, Pramuka Perekat NKRI, yang tentunya bisa dipersatukan oleh negarawan yang amanah.

“Yang juga menegaskan gerakan Pramuka, tetap konsisten dan fokus untuk mendidik karakter kaum muda Indonesia untuk bersatu menjaga persatuan dan kesatuan NKRI, yang telah memberikan kontribusi nyata dalam mencetak calon pemimpin yang terbaik bagi bangsa ini,” paparnya.

Untuk itu, kata Surunuddin pihaknya himbau kepada publik secara luas khususnya para orang tua dan guru, agar tidak ragu ragu untuk memberikan kesempatan sekaligus dukungan kepada putra putrinya, untuk mengikuti kegiatan kepramukaan digugus depan masing-masing, dan tidak terlibat dalam kegiatan politik praktis pada tahun politik ini, juga tetap fokus pada pada pembangunan karakter bangsa.

“Jadi saya mengharapkan kepada seluruh jajaran Pramuka, utamanya anggota dewasa baik sebagai majelis, pembimbing, andalan, pelatih, pembina, pamong saka, maupun instruktur agar merapatkan barisan untuk bekerjasama secara sinergis guna mempercepat mewujudkan kaum muda yang berkarakter, berkepribadian luhur, handal dalam bertindak dan berfikir, memiliki jiwa bela negara dan terampil dalam berbagai kecakapan sebagai bekal hidup kelak,” tandasnya.

Surunuddin juga menambahkan, pihaknya berterima kasih kepada semua pihak yang telah memberikan bantuan bagi perkembangan dan kemajuan gerakan Pramuka, terutama kepada pimpinan lembaga Legislatif yang membantu dalam memperjuangkan alokasi dana sehingga gerakan Pramuka terus berjalan sesuai cita-cita bangsa.

Untuk diketahui, apel tersebut masih rangkaian kegiatan perkemahan yang diikuti oleh seluruh Kecamatan atau masing-masing Kwartir Ranting yang berlangsung mulai pada 14 hingga 18 Agustus 2018, dengan lokasi perkemahan di Kecamatan Andoolo tepatnya belakang Alun-alun lapangan upacara Konsel. (k5/b)

Click to comment

Leave a Reply

Your email address will not be published. Required fields are marked *

To Top