KONAWE SELATAN

Bupati Sebut Desa Maju Konsel Hebat Bukan Hanya Slogan

Bupati Konsel H. Surunuddin Dangga didampingi H. Nurlin Surunuddin saat menyerahkan trophy pada penutupan Porseni Tingkat Kecamatan Tinanggea. F OTO: Sapruddin/Kolaka Pos

KOLAKAPOS, ANDOOLO — Pekan Olahraga dan Seni (Porseni) dan Pameran Pembangunan, Tingkat Kecamatan Tinanggea Kabupaten Konawe Selatan (Konsel), berakhir.Hal itu ditandai dengan ditutupnya kegiatan yang dilakukan Bupati, H. Surunuddin Dangga didampingi Ketua TP-PKK Hj. Nurlin Surunuddin dan Ketua DWP Konsel, Hj. Ariati Sjarif.

Pada Porseni itu, Kelurahan Tinanggea keluar sebagai juara umum, posisi kedua Kelurahan Ngapaaha dan ketiga Desa Lapulu, untuk expo pembangunan juara pertama Desa Lasuai, disusul Desa Telutu Jaya dan ketiga Desa Lapulu dari total 22 Desa dan 2 Kelurahan.

Bupati Konsel, H. Surunuddin Dangga mengatakan perlu disyukuri karena semua kecamatan, menyelenggarakan kegiatan Porseni dan Expo Pembangunan, dalam rangka mengisi Kemerdekan HUT RI Ke 73, dengan tujuan untuk memperetat silahturahmi dan persatuan antar masyarakat, serta untuk menggali dan mengembangkan potensi unggulan yang ada di Desa.

“Ini juga sebagai bukti bahwa Desa Maju Konsel Hebat, bukan hanya slogan karena dengan kegiatan seperti ini, diharapkan dapat mendorong semua potensi yang ada serta meningkatkan SDM, dengan menerapkan berbagai strategi, yang bertujuan untuk menciptakan desa yang maju, unggul, beriman dan bertaqwa selaras menurunnya angka kemiskinan,” jelasnya.

Lanjutnya, salah satu bukti kerja nyata tahun ini Kecamatan Tinanggea, akan ditetapkan sebagai Kawasan Perdesaan Prioritas Nasional (KPPN), oleh Bappenas yang di biayai secara sinergi oleh APBN pada semua sektor baik perikanan, pertanian, perkebunan, dan lain sebagainya, dengan tiga daerah Desa pusat pertumbuhan yakni Desa Lapoa, Desa Matandahi, dan Kelurahan Tinanggea, dengan mendorong komoditi unggulan masing-masing wilayah tersebut,” urai Surunuddin.

“Untuk itu, saya minta kepada para Kades agar saling bersinergi dalam membangun dengan tidak membuat program tersendiri, agar kita bisa bersama-sama menghasilkan komoditi dengan jumlah banyak dan mutu yang baik agar dapat diterima pasar. Pameran ini sangat penting diadakan agar masyarakat dapat melihat dan mengetahui unggulan apa yang di tawarkan desa tersebut, apalagi jaman now setiap kegiatan bisa diviralkan atau dipromosikan via medsos sehingga bisa menarik para peminat/investor, salah satu contohnya Desa terpencil Namu yang tadinya tidak dikenal, sekarang sudah ribuan orang yang mengetahui dan mengunjungi Desa tersebut termasuk telah dikunjungi Watimpres ini akibat perkembangan teknologi medsos,” tukasnya.

Ditambahkan Surunuddin, untuk mendukung dan menindak lanjuti kegiatan expo ini, tanggal 2 Mei 2019 mendatang, akan digelar promosi besar-besaran/Expo Akbar Tingkat Kabupaten, yang akan diikuti seluruh Desa se Konsel, untuk memamerkan unggulannya serta menghadirkan para investor, dengan tujuan agar seluruh masyarakat memiliki penghasilan lebih, tidak adanya pemukiman kumuh, dan adanya kemudahan di bidang tranportasi dan pendidikan serta kesehatan sesuai cita-cita luhur bangsa Indonesia mewujudkan masyarakat sejahtera adil dan makmur.

Mengakhiri sambutannya, atas nama Pemda, Surunuddin memberikan apresiasi dan menyampaikan terima kasih kepada seluruh elemen, yang telah berpartisipasi dalam rangka memeriahkan HUT RI ke 73, dengan sasaran pembangunan yang berjalan aman dan sukses.

Sementara itu Camat Tinanggea, Ivan Ardiansyah mengatakan kegiatan ini dilaksanakan selain memeriahkan HUT RI, juga sesuai petunjuk Bupati Konsel agar mengidentifikasi unggulan apa yang ada di wilayahnya, sekaligus berharap terus disupport oleh Pemda, di bidang pembangunan sarana dan prasarana dengan dukungan masyarakat, terutama perbaikan ruas jalan Kelurahan Ngapaaha dan Kelurahan Tinanggea yang juga menjadi refresentatif profil Kecamatan Tinanggea.

Pada kesempatan tersebut juga, Ivan menyampaikan terima kasih kepada Bupati Konsel karena telah menunaikan janjinya tahun lalu bahwa akan membangun aula serba guna, yang mana pada hari ini bangunan tersebut sudah kelar dan telah difungsikan. (K5/b)

Click to comment

Leave a Reply

Your email address will not be published. Required fields are marked *

To Top