BERITA UTAMA

Perusahaan Diminta Laporkan Tenaga Kerjanya

Situs Kemnaker Mulai Normal

KOLAKAPOS, KOLAKA–Kabar gembira buat pemilik perusahaan yang ada di Kabupaten Kolaka. Sebab, kendala yang selama ini terkait pelaporan tenaga kerja dapat terartasi. Karena, situs yang disiapkan pihak Kementerian Tenaga Kerja dan Transmigrasi, saat ini sudah bisa digunakan atau diakses kembali bagi perusahaan untuk melaporkan tenaga kerjanya. Hal itu dikatakan langsung oleh Kabid Hubungan Industri dan Syarat Kerja Dinas Tenaga Kerja dan Transmigrasi Kabupaten Kolaka, Abdulah Muzakir, kemarin kepada wartawan Koran ini.

Ia mengatakan, bagusnya situs https://wajiblapor.kemnaker.go.id yang disediakan oleh pihak Kementerian itu, baru berlangsung beberapa hari ini. Dimana sebelumnya, tidak bisa diakses sama sekali. “Sudah sekitar satu minggu situsnya bagus. Makanya, dari 189 perusahaan yg terdaftar di Nakertrans Kolaka, saat ini mulai diberitahukan. Bah disurati. Khususnya bagi mereka yang belum sama sekali melaporkan keberadaan tenaga kerjanya,” ungkapnya.

Untuk itu katanya, pihaknya sangat berharap kepada semua perusahaan yang ada di Kabupaten Kolaka, agar bisa melaporkan ketenaga kerjanya, sehingga pihak Kementerian bisa mengetahuinya atau terdaftar untuk beberapa proses lainnya. “Lebih cepat melaporkan tenaga kerjanya, saya pikir itu lebih bagus,” tuturnya.

Untuk diketahui, pasca situs pelaporan ketenaga kerjaan tidak bisa diakses, pihak Nakertrans Kabupaten Kolaka mencatat, dari semua perusahaan yang ada di bumi mekongga itu, baru terdapat sekitar 60 persen perusahaan yang melaporkan ketenaga kerjanya. Sementara sisanya, belum melakukan pelaporan lantaran situs yang disediakan oleh pihak kementerian tidak bisa diakses.

Selaian itu, dari jumlah perusahaan yang sudah melaporkan tenaga kerjanya itu, pelaporannya ada yang dilakukan secara online, maupun melaporkannya kepada pihak Nakertrans.

“Yang jelas, dengan ada pelaporan secara online ini, telah memberikan keuntungan tersendiri buat perusahaan. Karena, selain menghemat waktu, juga bisa menghemat biaya,” tutupnya. (ing`hen)

Click to comment

Leave a Reply

Your email address will not be published. Required fields are marked *

To Top