METRO KOLAKA

Tingkatkan Kesadaran Warga, Disdukcapil Terapkan GISA

KOLAKAPOS, Kolaka — Dinas Kependudukan dan Catatan Sipil (Disdukcapil) Kolaka terus berupaya meningkatkan kesadaran warga akan pentingnya memiliki dokumen kependudukan. Salah satu upaya yang dilakukan Disdukcapil Kolaka dengan menerapkan, Gerakan Indonesia Sadar Administrasi Kependudukan (GISA) yang diterbitkan Kementerian Dalam Negeri pada tanggal 07 Februari 2018 dengan nomor 470/837/SJ. Buktinya, belum lama ini tim Dinas Kependudukan dan Catatan Sipil (Disdukcapil) Kolaka melakukan perekaman KTP-El di desa Totobo.

Kepala Disdukcapil Kolaka, H. Abdullah mengatakan, terbitnya instruksi GISA ini merupakan langkah strategis dalam menciptakan ekosistem penyelenggaraan pemerintahan melalui pemanfaatan data kependudukan yang digunakan untuk semua kepentingan.

“Dalam rangka meningkatkan kesadaran masyarakat di bidang administrasi kependudukan menuju masyarakat yang tertib pemerintahan Kabupaten Kolaka efektif dan efisien, kami menginstruksikan bahwa warga Kolaka harus mempunyai kelengkapan administrasi lengkap, seperti Kartu Tanda Penduduk Elektronik (KTP-El), Kartu Keluarga, dan akta Kelahiran,” ujarnya.

Ia mengungkapkan, untuk di Kolaka Disdukcapil fokus pada penerbitkan KTP-El. Sebab, pihaknya ingin warga Kolaka memiliki KTP-El. Untuk memenuhi target tersebut, lanjut Abdullah, setiap satu bulan tim Disdukcapil ke kecamatan untuk melakukan perekaman KTP-El. Seperti yang dilakukan di desa Totobo, tim Disdukcapil melakukan perekaman.

“Kami melakukan pendistribusian itu diseluruh kabupaten Kolaka, baik dalam kota maupun dipelosok. Kami ada program khusus setiap 1 bulan sekali kami melakukan perekaman KTP-El di kecamatan tim secara bergantian dari daerah satu ke daerah lain untuk melakukan pendataan sekaligus,” terangnya.

Ia berharap, program GISA ini bisa berjalan dengan lancar dan semua warga kolaka bisa memiliki ktp elektronik. (k9)

Click to comment

Leave a Reply

Your email address will not be published. Required fields are marked *

To Top