METRO KOLAKA

APBD Perubahan Kolaka Direncanakan Naik

Penyerahan KUA PPAS dan RAPBD-P dari wakil bupati kolaka Muh. Jayadin ke Ketua DPRD Kolaka Parmin Dasir.

KOLAKAPOS, Kolaka — Anggaran Pendapatan dan Belanja Daerah Perubahan (APBD-P) Kabupaten Kolaka pada tahun 2108 ini bakal mengalami kenaikan dari APBD Murni 2018. Hal itu disampaikan oleh Wakil Bupati Kolaka, Muh. Jayadin dalam penyampaian pengantar nota keuangan saat rapat paripurna penyerahan Kebijakan Umum Anggaran-Prioritas dan Plafon Anggaran Sementara (KUA-PPAS) dan Rancangan APBD Perubahan 2018.

“Dalam Perjalanan pelaksanaan APBD Kabupaten Kolaka Tahun 2018, terdapat kondisi dalam pengelolaan keuangan daerah yang memerlukan penyesuaian dengan perkembangan yang terjadi yang berimplikasi pada meningkatnya penerimaan maupun pengeluaran,ataupun sebaliknya. Penyesuaian itu dimaksudkan untuk mengakomodasi pergeseran-pergeseran program dan kegiatan SKPD maupun program yang baru dialokasikan pada perubahan anggaran APBD tahun anggaran 2018,” papar Jayadin yang mewakili Bupati Kolaka karena berhalangan hadir.

Selanjutnya, Jayadin menyampaikan ringkasan APBD-P 2018 yang meliputi, Perubahan Pendapatan Daerah pada APBD-P 2018 yang direncanakan sebesar Rp . 1,16 Triliun lebih, naik sebesar Rp 78,7 miliar lebih atau naik 7,26 persen dari target semual APBD 2018 sebesar Rp 1,08 triliun lebih.

Kemudian, Perubahan Belanja Daerah pada APBD-P 2018 direncanakan sebesar Rp 1,17 triliun dari yang dialokasikan sebesar 1,08 trilun lebih atau naik sebesar 92 milyar lebih atau meningkat 8,49 persen.

“Dengan demikian total APBD tahun anggaran 2018 dari semula RP. 1,08 triliun setelah perubahan menjadi Rp. 1,17 Triliun, yang terdiri dari komponen pendapatan daerah sebesar Rp. 1,16 Triliun dan penerimaan pembiayaan sebesar Rp. 13,32 milyar serta belanja daerah atau sisa lebih pembiayaan anggaran (SILPA) tahun berkenan sebesar Rp. 0,00 atau berada pada posisi berimbang,” papar Jayadin.
Akhir kata, Jayadin menyerahkan sepenuhnya kepada DPRD Kolaka untuk diadakan pembahasan bersama tim anggaran pemerintah daerah.(mir/hen)

Click to comment

Leave a Reply

Your email address will not be published. Required fields are marked *

To Top