BOMBANA

Kembangkan Deswita Mandiri, Peran Warga Dibutuhkan

KOLAKAPOS, Rumbia — Pemerintah kabupaten Bombana melalui Dinas Pariwisata,Pemuda dan Olah Raga menggelar Louncing Deswita Mandiri bertempat di pulau kondo desa Ranokomea kecamatan Poleang Barat. Kegiatan tersebut dihadiri Bupati, Deputi Pengembangan Industri dan Kelembagaan Kementrian Pariwisata, Forum Komunikasi Pimpinan Daerah (Forkopinda) dan Dinas Pariwisata Provinsi Sultra.

Deputi Pengembangan Industri dan Kelembagaan Kemempar RI, Kohar mengungkapkan, bahwa pariwisata merupakan salah satu sektor penopang ekonomi suatu wilayah. Hal itu melihat dari sisi lain Pariwisata merupakan suatu objek yang tidak ada habisnya bila dikelolah dengan baik.

Sebagai contoh negara-negara Arab yang merupakan penghasil minyak bumi terbesar di dunia. Meski demikian negara tersebut saat ini tengah gencar membangun destinasi wisata sebagai cadangan dari ekonomi negara. “Hasil tambang ini memiliki batas waktu dalam pengelolaannya beda dengan pariwisata,”singkatnya

Lanjutnya, ia menyampaikan bahwa berkembangnya suatu destinasi tidak hanya kerja dari pemerintah namun dukungan dari masyarakat memiliki peran yang sangat penting,untuk itu masyarakat atau pengunjung di butuhkan jiwa rasa memiliki dengan harapan destinasi ini tetap terjaga.

“Salah satu contohnya lapak yang ada di sini harus menjaga kebersihan, tidak hanya mengandalkan tenaga kebersihan saja,” tegasnya

Sementara itu Bupati Bombana mengatakan, bahwa pulau kondo ini memiliki beragam keindahan di antaranya pula terdapat danau laponu-laponu yang di tengahnya juga ada pulau kecil. Selain dari danau, bupati dua periode itu menyampaikan bahwa destinasi yang ada di sini terdapat pula teknologi hasil pertanian yang di kelola oleh masyarakat dari hasil pertanian khas kabupaten Bombana.

“Ketiga pesona indah ini di harapkan nanti mampu menarik wisatawan dari berbagai daerah,”singkatnya

Lebih jauh ia menjelaskan untuk menunjang kehadiran pulau kondo di kalangan masyarakat luas yang ada di Sulawesi Tenggara dirinya fokus terhadap infrastruktur dasar seperti jalan dan air bersih

“jalan yang menghubungkan pulau kondo dengan teknologi hasil pertanian,serta air bersih saat ini lagi dalam pembangunan instalasinya oleh Dinas Pekerjaan Umum,” ungkapnya.

Untuk diketahui, Pada kegiatan tersebut berbagai Iven di sajikan, mulai dari lomba Kuliner,lomba menggambar, lomba dayung perahu, lomba penataan tempat usaha,pameran kerajinan teknologi hasil pertanian hingga aksi bersih lingkungan.(k6/b)

Click to comment

Leave a Reply

Your email address will not be published. Required fields are marked *

To Top