METRO KOLAKA

DPT Kolaka untuk Pemilu 2019 Bertambah

Penyerahan DPT kepada Bawaslu Kolaka, Disdukcapil Kolaka, Parpol dan PPK di kantor KPUD Kolaka, Selasa (28/8). Foto : Mirwanto / Kolaka Pos

KOLAKAPOS, Kolaka — Komisi Pemilihan Umum (KPU) kabupaten Kolaka memastikan daftar pemilih tetap (DPT) pada Pemilihan Umum 2019 mendatang, akan bertambah atau naik dibandingkan dengan jumlah DPT pada Pilkada serentak 2018 lalu.
bertambahnya jumlah DPT tersebut disebabkan karena adanya pemilih pemula dan bertambahnya jumlah penduduk baru yang masuk ke Kolaka.

Hal itu diungkapkan oleh Ketua KPU Kolaka, Nur Ali, seusai mengumumkan dan menyerahakan DPT kepada Badan Pengawas Pemilu (Bawaslu) Kolaka, Dinas Kependudukan dan Catatan Sipil (Disdukcapil) Kolaka, para perwakilan partai politik (Parpol) dan panitia pemilihan kecamatan (PPK) di Kantor KPUD Kolaka, kemarin (28/8). “Iya betul bertambah, dulu DPT Kabupaten Kolaka untuk pilkada serentak 2018 sejumlah 149. 214 sekarang bertambah menjadi 156.796 pemilih,” papar Nur Ali.

Dia menambahkan bertambahnya jumlah DPT tersebut disebabkan beberapa hal. Diantaranya adalah adanya pemilih pemula dan perpindahan penduduk yang masuk ke Kolaka. “Itu disebabkan karena ada pemilih pemula yang baru masuk atau cukup umur untuk memilih, dan selain itu ada mutasi penduduk atau perpindahan penduduk yang masuk ke wilayah Kolaka,” terang Nur Ali.

Nur Ali juga mengatakan setelah pengumuman dan penyerahan DPT tersebut, selanjutnya akan memasuki proses pendafataran pemilih tambahan (DPTb). Pada tahap ini, pemilih yang belum masuk dalam DPT dapat dimasukan di DPTb. “Jadi masih bisa bertambah lagi. Lalu setelah itu kita masuk dalam tahapan daftar pemilih khusus (DPK) bagi mereka yang tidak teraftar di DPT dan DPTb,” terangnya.

Dalam kesempatan itu, Nur Ali menghimbau kepada semua pihak termasuk parpol untuk memberikan masukan terhadap DPT yang telah diumumkan itu. “Kalau sekiranya ada wajib pemilih yang belum terdaftar kami himbau parpol dan semua pihak, untuk segera mendaftarkan pemilih tersebut kepada PPS terdekat atau langsung ke KPU kabupaten Kolaka untuk dimasukkan ke dalam daftar pemilih pambahan,” tandasnya. (mir/b)

Click to comment

Leave a Reply

Your email address will not be published. Required fields are marked *

To Top