BERITA UTAMA

Petani Kolaka Terapkan Tiga Kali Tanam Setahun

KOLAKAPOS, Kolaka — Kabupaten Kolaka, merupakan salah satu sentral produksi atau penghasil beras di Provinsi Sulawesi Tenggara. Selain Kolaka juga Kabupaten Bombana, Kolaka Timur, Konawe dan Konawe Selatan.
Menyandang status itu, Pemerintah Kabupaten Kolaka terus melakukan pembenahan demi terciptanya kesejahteraan serta peningkatan pendapatan kepada masyarakat.

Melalui Dinas Tanaman Pangan dan Holtikultura, perlahan tapi pasti, kebiasan para petani sawah yang ada di bumi Mekongga itu, saat ini mulai diubah dalam bercocok tanam setiap setahun. “Kalau biasanya setiap tahun para petani sawah yang ada di Kolaka hanya dua kali panen dalam setahun. Saat ini sudah ada yang tiga kali panen dalam setahun,” ungkap Kepala Dinas Tanaman Pangan dan Holtikultura Kabupaten Kolaka La Ramuli kepada wartawan Koran ini kemarin.

Meski belum secara keseluruhannya para petani sawah mulai menerapkan tiga kali panen dalam setahun lanjut Mantan Camat Kecamatan Mowewe ini, namun hal ini tidak terlepas dari segala usaha maupun peran pemerintah Kabupaten Kolaka demi terciptanya kesejahteraan masyarakat.

“Mulai dari irigasinya kita perbaiki maupun pemberian bantuan kepada petani sawah kita lakukan. Maupun cara lainnya kita terus lakukan kepada petani sawah agar bisa meningkatkan pendapatannya,” bebernya.

Meski tidak merinci secara jelas luas lahan yang mulai menerapkan tiga kali panen dalam setahun. Namun La Ramuli menuturkan, yang telah melakukan hal itu adalah mereka (petani sawah red) yang memiliki wilayah potensial dan irigasi yang bagus termasuk debit airnya. “Memang sih ada kerepotan kepada petani sawah. Sebab, tidak ada waktu mereka untuk istirahat. Namun hasilnyakan mereka sendiri yang nikmati,” tutupnya. (ing/hen)

Click to comment

Leave a Reply

Your email address will not be published. Required fields are marked *

To Top