METRO KOLAKA

Siswa SMPN 1 Latambaga Galang Dana Peduli Lombok

KOLAKAPOS, Kolaka — Gempa bumi yang mengguncang wilayah Lombok Utara, Nusa Tenggara belum lama ini mendapat perhatian dari berbagai kalangan. Termasuk para siswa di SMPN 1 Latambaga, Kolaka. Mereka melaksanakan aksi penggalangan dana peduli Lombok selama beberapa hari terakhir ini. Kegiatan ini dimotori oleh pengurus OSIS SMPN 1 Latambaga dengan arahan pembina dan persetujuan kepala sekolah.

Kepala SMPN 1 Latambaga, Dakir Torang mengatakan kegiatan ini memberikan sebuah pengalaman berharga bagi peserta didik sebagai makhluk sosial. Pasalnya, adanya penggalangan itu diyakini dapat menumbuhkan nilai-nilai karakter dibangun dan semangat membantu antar sesama diperlihatkan oleh para peserta didik.

Atas kegiatan itu, kata dia, pihaknya memberikan apresiasi kepada pembina OSIS dan para guru yang telah memberikan dukungan moril kepada peserta didik untuk melakukan tindakan terpuji tersebut. “Hal ini perlu dibiasakan untuk tetap menjaga nilai-nilai karakter sejak dini. SMPN 1 Latambaga merupakan salah satu sekolah yang telah mengimplemetasikan nilai-nilai karakter di sekolah sejak pemerintah mengeluarkan Permendikbud Nomor 20 Tahun 2018 tentang penguatan pendidikan karakter (PPK) pada satuan pendidikan formal,” paparnya.

Nilai utama penguatan pendidikan karakter tersebut, terang dia, meliputi religiusitas, nasionalisme, kemandirian, gotong royong, dan integritas. Kemudian, tambah dia, tujuan dari pendidikan karakter yang dilakukan di sekolah antara lain, membangun dan membekali peserta didik sebagai generasi emas Indonesia tahun 2045 dengan jiwa pancasila dan pendidikan karakter yang baik.

Selanjutnya, mengembangkan platform pendidikan nasional yang meletakkan pendidikan karakter sebagai jiwa penyelenggaraan pendidikan bagi peserta didik dengan dukungan pelibatan publik. Serta merevitalisasi dan memperkuat potensi dan kompetensi pendidik, tenaga kependidikan, peserta didik, masyarakat dan lingkungan keluarga dalam mengimplementasikan penguatan pendidikan karakter. “Semoga usaha yang dilakukan oleh OSIS SMPN 1 Latambaga walaupun kecil dan sedikit tetapi dapat menjadi sebuah pengorbanan untuk
melakukan perubahan yang besar,” harapnya. (kal)

Click to comment

Leave a Reply

Your email address will not be published. Required fields are marked *

To Top