BERITA UTAMA

Cegah Penyakit Kaki Gajah, Dinkes Koltim Periksa Darah 639 Jiwa

Sekdis Kesehatan Koltim Badwi

KOLAKAPOS, Tirawuta — Mencegah maraknya wabah filariasis atau penyakit kaki gajah, pemerintah daerah Kolaka Timur (Pemda Koltim) melalui Dinas Kesehatan (Dinkes) Koltim melakukan pemeriksaan darah kepada 639 jiwa yang tersebar di dua desa, yakni desa Talodo, kecamatan Lalolae, dan desa Ladongi Jaya, kecamatan Ladongi selama dua hari (28-29/8).

Sekretaris dinas (Sekdis) Kesehatan Koltim Badwi mengatakan, program pemeriksaan darah sangat penting dilakukan agar dapat mengetahui kondisi warga apakah masih ada yang terjangkit cacing filaria penyembab utama penyakit kaki gajah. Sehingga tidak ada lagi masyarakat yang menjadi korban. Apalagi berdasarkan data, tercatat sudah ada lima orang yang positif terkena penyakit mematikan itu. ” Hal ini kami lakukan agar tak ada lagi warga yang terkena penyakit ini ” ungkapnya saat ditemui media ini Rabu (29/8)

Pemeriksaan darah kepada masyarakat kata Badwi, dilakukan pada malam hari. Hal ini dikarenakan penyakit ini beraksi pada malam hari. ” Jadi semua masyarakat kita kumpulkan dan tepat pada pukul sembilan malam barulah warga kita ambil darahnya untuk periksa darahnya. Kami memilih dua desa tersebut dikarenakan kedua ini ada warganya yang positif terkena penyakit kaki gajah ” ucapnya.

Menurutnya, penyebab terjadinya penyakit kaki gajah diakibatkan oleh gigitan nyamuk dan kondisi lingkungan yang tidak sehat. Sehingga dirinya menghimbau kepada semua masyarakat agar selalu menjaga kebersihan lingkungan dan menghindari gigitan nyamuk secara terus menerus. Sebab lebih baik mencegah dari pada mengobati. ” Intinya kita kembali dengan kesadaran masyarakat itu sendiri, sebab meskipun tidak menular namun penyakit ini sangat mematikan ” pintanya.

Selain itu, kedepan pihaknya juga akan melakukan kegiatan serupa dengan skala yang lebih besar agar, kita bisa pastikan tidak ada lagi masyarakat yang terkena penyakit ini. ” Insya Allah kedepan kita akan kembali melakukan pemeriksaan darah yang dianggap rawan akan gejalah kaki gajah ini ” tutupnya. (K9/c/hen).

Click to comment

Leave a Reply

Your email address will not be published. Required fields are marked *

To Top