METRO KOLAKA

Disdukcapil Gencar Sosialisasi Permudah Pembuatan Akta Kelahiran

KOLAKAPOS, Kolaka — Dinas Kependudukan dan Pencatatan Sipil (Disdukcapil) Kolaka terus memperbaiki layanan yang dapat mempermudah warga membuat akta kelahiran.
Menurut Sekretaris Disdukcapil Kolaka Muchtar, Direktorat Jenderal Kependudukan dan Catatan Sipil berdasarkan UU nomor 35 pasal 27 ayat (1) mempunyai program baru, yaitu mempermudah masyarakat untuk mengurus akta kelahiran terutama dalam kesiapan berkas, sehingga masyarakat lebih mudah untuk mengetahui syarat-syarat membuat akta kelahiran.

“Sosialisasi pembuatan akta kelahiran sedang gencar dilakukan oleh Dinas Kependudukan dan Catatan Sipil Kabupaten Kolaka, guna sosialisasi ini agar semua masyarakat bisa dengan mudah mengurus akta kelahiran, dan tahu betul persyaratan pembuatan akta kelahiran,” ujarnya.
Pasalnya, manfaat akta kelahiran sangat banyak, diantaranya untuk masuk sekolah, mengurus beasiswa, penerbitan ijazah, pembuatan KTP, mengurus warisan, lamaran kerja hingga pencatatan perkawinan.

Muchtar merinci, dokumen yang harus dilengkapi yakni, surat keterangan lahir dari dokter atau bidan, akta nikah atau kutipan akta perkawinan, kartu keluarga dimana penduduknya akan didaftarkan sebagai anggota keluarga, KTP orang tua atau wali, jika bukan warga negara Indonesia harus menggunakan paspor, dan KTP 2 saksi.

“Sedangkan jika anak tersebut tidak mempunyai surat keterangan lahir dari dokter atau bidan, dibuatkan surat pernyataan tanggungjawab mutlak (SPTJM), sama halnya dengan tidak adanya akta nikah bisa digantikan dengan SPTJM. STPJM itu dibuat di kelurahan atau di desa dimana mengetahui kalau pasangan yang ingin membuat akte kelahiran anaknya memang mempunyai ikatan pernikahan, dan ingin memgurus akta kelahiran jadi dalam satu surat SPTJM bisa menjelaskan dua permasalahan tersebut,” jelasnya.

Muchtar berharap masyarakat merespon positif program ini supaya tertib administrasi kependudukan.
“Harapan saya semoga dengan sosialisasi ini masyarakat bisa mengurus akta kelahiran dengan mudah. Sebab, selama ini banyak masyarakat yang masih bingung ketika ingin membuat akta kelahiran, berkas apa saja yang dibutuhkan, sehingga dengan adanya kemudahan masyarakat bisa tahu dan paham,” tutupnya. (ist)

Click to comment

Leave a Reply

Your email address will not be published. Required fields are marked *

To Top